Strategi Pemilihan Media Partner dan Influencer Dalam Penyelenggaraan Pameran CRAFINA 2019

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Sakana Bill Haqi
Imam Syafganti

Abstract

Penelitian ini membahas strategi pemilihan media partner dan influencer dalam kegiatan promosi pada penyelenggaraan pameran CRAFINA 2019. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami proses dalam strategi pemilihan media partner dan influncer pada kegiatan promosi dalam penyelenggaraan pameran mulai dari tahap perencanaan strategi hingga, pelaksanaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Fokus penelitian dilakukan pada pameran CRAFINA 2019 di Jakarta Convention Center. Hasil penelitian ini mengidentifikasi bahwa terdapat tiga faktor dalam pemilihan media partner dan influencer yaitu budget kegiatan promosi penyelenggaraan pameran, kesesuaian dengan konsep pameran dan sistem kerja sama media partner dan terdapat dua tahapan penting dalam strategi pemilihan media partner dan influencer dalam penyelenggaraan pameran yaitu perencanaan dan pelaksanaan. Pada tahap perencanaan kegiatan yang dilakukan adalah pembuatan perencanaan promosi yang berisikan target media partner dan influencer, membuat database media dan influencer yang sesuai dengan target dari perencanaan promosi dan membuat proposal pengajuan kerja sama untuk dikirimkan ke target media partner dan influencer.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Sakana Bill Haqi, Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Jakarta

Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Jakarta

Imam Syafganti

Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Jakarta