Proses Kegiatan Sponsorship pada Event Royal Jogja Sand Dunes Geospatial Run 2019

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Desy Nurelya
Heri Setyawan

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana aktivitas sponsorship dalam upaya menjalin kerjasama bisnis antara event dan perusahaan yang menjadi target sponsor pada event Royal Jogja Sand Dunes Geospatial Run 2019. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses kegiatan sponsorship yang terdapat pada event Royal Jogja Sand Dunes Geospatial Run 2019. Jenis penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif deskriptif yaitu dengan cara mengumpulkan, mengolah dan menyajikan data yang diperoleh berupa keterangan yang lengkap dan benar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses kegiatan sponsorship yang dilakukan pada event Royal Jogja Sand Dunes Geospatial Run 2019 melalui beberapa tahap yaitu: 1) persiapan kegiatan sponsorship dari mulai pembuatan proposal, menentukan target potensial sponsor, komunikasi dengan pihak sponsor, melakukan meeting dengan pihak sponsor sampai dengan persetujuan kerjasama; 2) pelaksanaan kegiatan sponsorship yaitu melakukan kontroling terhadap kontraprestasi serta pelayanan kepada pihak sponsor; 3) evaluasi serta feedback kegiatan sponsorship yaitu pengiriman dokumen final report serta menjalin komunikasi kembali dengan pihak sponsor.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Desy Nurelya, Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Jakarta

Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Jakarta

Heri Setyawan

Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Jakarta