Peningkatan Kualitas Pembelajaran Bahasa: Implementasi Media Ajar Digital di Sekolah Terbuka Madani, Kota Depok
DOI:
https://doi.org/10.32722/mapnj.v7i2.6813Kata Kunci:
Prenzi, media ajar, kemahiran digital, media ajar, Prezi, PPIBMAbstrak
Technology is advancing at a quick pace, which means that we need experienced teachers who can create engaging, digital-based lesson plans in addition to being skilled at teaching to students' needs. In order to improve the proficiency of the teachers at the Madani Middle and High School integrated schools in Depok, a community program based on the Science and Technology Implementation Service was implemented. The outcomes of this community service, which combined theory and practice, demonstrated that training in creating instructional media using the Prezi application, particularly for language learning, was able to enhance teachers' proficiency in using technology-based teaching tools.
Keywords - digital competence, teaching media, Prezi
Abstrak
Seiring dengan perkembangan teknologi yang pesat, dibutuhkan guru berpengalaman yang dapat membuat rencana pembelajaran berbasis digital yang menarik serta terampil dalam melakukan pembelajaran yang sesuai kebutuhan siswa. Dalam rangka meningkatkan kemahiran para pengajar di sekolah terpadu SMP dan SMA Madani di Depok, dilaksanakan program Pengabdian Penerapan Iptek berbasis Masyarakat (PPIBM). Hasil dari pengabdian kepada masyarakat yang menggabungkan teori dan praktik ini menunjukkan bahwa pelatihan pembuatan media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Prezi khususnya untuk pembelajaran bahasa mampu meningkatkan kemahiran guru dalam menggunakan perangkat pengajaran berbasis teknologi.
Kata Kunci - kemahiran digital, media ajar, Prezi
Unduhan
Referensi
Aplikasi Prezi https://prezi.com/ivtpqi2v1ol_/prezi-adalah-sebuah-perangkat-lunak-untuk-presentasi-berbasi/
Pratama, R.Y (2023). Penerapan Model Pembelajaran dengan Menggunakan Media Prezi untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, Vol. 2 (1)
Fatmawati, P. (2016). Penerapan Model ARIAS dengan Media Prezi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMK 3 Negeri Salatiga (Skripsi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Satya Wacana: Salatiga). Diakses dari https://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/10725/2/T1_702011050_Full%20text.pdf
Sari, E.R.N, & Fauzi, R.U.A (2018). Penerapan Model Pembelajaran dengan Menggunakan Media Prezi untuk Meningkatkan Pemahaman pada Mata Kuliah Bahasa Inggris. Prosiding Seminar National Unisla, Lamongan, 3 Oktober 2018: Litbang Pemas
Marisa, F. L. (2016). Teaching Speaking for Professional Context Using Prezi in the Relation With Students’ Creativity. Diakses dari https://journalregister.iainsalatiga.ac.id/index.php/register/article/view/184
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Septina Indrayani, Ina Sukaesih, Eky Erlanda Edel, Farizka Humolungo, Tantri Sari Safitry Safitry, Dewi Kurniawati (Penulis)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.