Upaya Peningkatan Literasi Keuangan Para Guru di Yayasan Al Muhajirin, Kota Depok

Penulis

  • Endang Purwaningrum Prodi Manajemen Keuangan, Politeknik Negeri Jakarta
  • Ratna Juwita Prodi Manajemen Keuangan, Politeknik Negeri Jakarta
  • Lini Ingriyani Prodi Manajemen Keuangan, Politeknik Negeri Jakarta
  • Indianik Aminah Prodi Manajemen Keuangan, Politeknik Negeri Jakarta
  • Zulmaita Prodi Manajemen Keuangan, Politeknik Negeri Jakarta
  • Fatimah N Prodi Manajemen Keuangan, Politeknik Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32722/mapnj.v7i1.6432

Kata Kunci:

Literasi, Investasi, Pasar Modal, Guru

Abstrak

The low financial literacy among teachers at the Al Muhajirin Foundation of Depok, especially the understanding of mutual funds investment as well as shares and bonds, attracted the service activity team to help them by conducting training to improve the knowledge, skills, and attitudes about financial behavior. The training uses two approaches, the first approach is theoretical to increase understanding about investing in mutual funds, shares, and bonds. The second approach is a more practical approach to improving stock trading skills on the Indonesian Stock Exchange (BEI). From the theoretical approach, there was an increase in understanding of investment instruments by 10%, while from the practical approach, there was an increase in skills in buying and selling shares using the stock bit application. In the practical session, participants have proven that stock investment adheres to the High-Risk High Return principle. Three selected participants who received investment funding assistance of Rp. 500,000,- have received large profits of 60% within one month. This proves that investing in shares can really get big returns, but on the contrary, it can cause losses in a short time.

Keywords: Literacy, Investment, Stock Market, Teacher

Abstrak
Rendahnya literasi keuangan, terutama masalah investasi reksadana, saham dan obligasi pada guru di Yayasan Al Muhajirin Depok, menggerakkan tim kegiatan pengabdian dari Program Studi Manajemen Keuangan, Politeknik Negeri Jakarta melakukan pelatihan. Pelatihan menggunakan dua pendekatan, pendekatan pertama adalah pendekatan teori dalam upaya meningkatkan pemahaman tentang investasi reksadana, saham dan obligasi. Pendekatan kedua adalah pendekatan praktik untuk meningkatkan keterampilan melakukan perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI). Berdasarkan pendekatan teori terjadi peningkatan pemahaman tentang instrumen investasi sebesar 10%, sedangkan dari pendekatan praktik, terjadi peningkatan skil dalam membeli dan menjual saham menggunakan aplikasi stockbit. Dalam sesi praktik peserta telah membuktikan bahwa investasi saham melekat prinsip High Risk High return. Tiga Peserta terpilih yang mendapatkan bantuan dana investasi sebesar Rp500.000,- telah mendapatkan keuntungan besar yaitu sebesar 60% dalam kurun waktu satu bulan. Hal ini membuktikan bahwa investasi saham benar bisa mendapatkan return besar, namun sebaliknya bisa mendapatkan
kerugian dalam waktu singkat.

Kata Kunci: Literasi, Investasi, Pasar Modal, Guru

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

T. Hidajat, Literasi keuangan. Stie Bank Bpd Jateng, 2016.

W. Rumbianingrum and C. Wijayangka, “Pengaruh literasi keuangan terhadap pengelolaan keuangan UMKM,” Almana: Jurnal Manajemen dan Bisnis, vol. 2, no. 3, pp. 156–164, 2018.

A. N. Yushita, “Pentingnya literasi keuangan bagi pengelolaan keuangan pribadi,” Nominal Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen, vol. 6, no. 1, pp. 11–26, 2017.

Otoritas Jasa Keuangan, “Infografis Hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan Tahun 2022.” [Online]. Available: https://ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/infoterkini/Pages/Infografis-Survei-NasionalLiterasi-dan-Inklusi-Keuangan-Tahun-2022.aspx

H. Akmal and Y. E. Saputra, “Analisis tingkat literasi keuangan,” Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, vol. 1, no. 2, pp. 235–244, 2016.

D. Djuwita and A. A. Yusuf, “Tingkat literasi keuangan syariah di kalangan UMKM dan dampaknya terhadap perkembangan usaha,” AlAmwal: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syari’ah, vol. 10, no. 1, pp. 105–127, 2018.

V. R. A. Hernawan and A. M. Muchtar, “Pengaruh Literasi dan Inklusi Keuangan Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal (Studi Kasus Tenaga Pendidik Di Kota Bogor Tahun 2022): Studi Kasus Tenaga Pendidik Di Kota Bogor Tahun 2022,” Account: Jurnal Akuntansi, Keuangan dan Perbankan, vol. 10, no. 1, pp. 1830–1835, 2023.

“Sejarah Singkat Yayasan Al Muhajirin, Depok.” [Online]. Available: https://www.almuhajirin.sch.id/read/9/sejarahsingkat

Indonesia Financial Advisor Community, “Pelatihan Gelar Profesi Associate Wealth Planner.” [Online]. Available:

https://www.ifac.or.id/awp/

https://www.kemenkeu.go.id/, “Menkeu Ingatkan Masyarakat untuk Pahami Literasi Keuangan dalam Berinvestasi.” [Online].

Available:

https://www.kemenkeu.go.id/informasipublik/publikasi/berita-utama/Pahami-LiterasiKeuangan-dalam-Berinvestasi

Unduhan

Diterbitkan

22-04-2022

Cara Mengutip

Purwaningrum, Endang, Ratna Juwita, Lini Ingriyani, Indianik Aminah, Zulmaita, dan Fatimah N. “Upaya Peningkatan Literasi Keuangan Para Guru Di Yayasan Al Muhajirin, Kota Depok”. Mitra Akademia: Jurnal Pengabdian Masyarakat 7, no. 1 (April 22, 2022): 39–45. Diakses Juni 30, 2024. https://jurnal.pnj.ac.id/index.php/MAK/article/view/6432.

Terbitan

Bagian

Articles
Share |

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama