Mendorong Pelaku Usaha Bogor Menentukan Harga Pokok Produksi

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.32722/mapnj.v6i3.6358

Kata Kunci:

UMKM, HARGA POKOK PRODUKSI

Abstrak

One of the difficulties experienced by SMEs, especially in the Bogor Regency area, is how to determine the right selling price. The situation faced by SMEs is that if they sell products at high prices, the products will not sell in the market because of intense competition. If you sell products at low prices, SMEs will experience business losses. Therefore, adequate understanding is needed, especially in terms of planning production costs which will form the cost of the product. This community service activity aims to provide skills training in calculating the correct cost of production as a basis for determining optimal selling prices for SMEs in the Bogor Regency area who have so far only relied on cost estimates without considering the cost object.

Keywords - SME’s, cost of product


Salah satu kesulitan yang dialami oleh pelaku UMKM khususnya di wilayah Kabupaten Bogor adalah bagaimana menentukan harga jual yang tepat. Situasi yang dihadapi UMKM adalah jika menjual produk dengan harga yang tinggi maka produk tidak akan laku di pasaran karena persaingan yang ketat. Apabila menjual produk dengan harga yang rendah maka UMKM akan mengalami kerugian usaha. Oleh karena itu diperlukan pemahaman yang memadai terutama dalam hal perencanaan biaya produksi yang akan membentuk harga pokok produk. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pelatihan ketrampilan dalam menghitung harga pokok produksi yang tepat sebagai dasar menentukan harga jual yang optimal untuk para pelaku UMKM di wilayah Kabupaten Bogor yang selama ini hanya mengandalkan perkiraan biaya tanpa mempertimbangkan obyek biayanya.

Kata kunci - UMKM, harga pokok produksi

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Fauziyah, Rosyda Nur, Cara Menghitung Harga Pokok Penjualan, Blog Gramedia Digital, 2021.

https://ejurnal.stpkat.ac.id/index.php/jpkm/article/view/13

Mulyadi, 2016. Akuntansi Biaya, UPP STIM YKPN Yogyakarta.

Supriyono, Akuntansi Biaya Pengumpulan Biaya dan Penentuan Harga Pokok, BPFE.Yogyakarta 2012.

Pagestu, R, Suryadi, Fitriani, Analisis Biaya Produksi dalam Menentukan Harga Jual Menggunakan Metode Full Costing (Studi Kasus Pabrik Tahu Pak Agus Kota Metro), Prosiding Unmetro, 2022.

Sujarweni, W, Akuntansi Biaya : Teori Dan Penerapannya, Pustaka Baru Press, Yogyakarta., 2015

Unduhan

Diterbitkan

16-12-2023

Cara Mengutip

Nugroho, Herbirowo, Taufikul Ichsan, Nedsal Sixpria, dan Annisa Alifa Ramadhani. “Mendorong Pelaku Usaha Bogor Menentukan Harga Pokok Produksi”. Mitra Akademia: Jurnal Pengabdian Masyarakat 6, no. 3 (Desember 16, 2023): 389–394. Diakses Juli 2, 2024. https://jurnal.pnj.ac.id/index.php/MAK/article/view/6358.

Terbitan

Bagian

Articles
Share |