Pendampingan Menguatkan Gerakan Literasi Sekolah di SMP dan SMA Al Umanaa Boarding School, Sukabumi

Penulis

  • Supriatnoko Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Jakarta https://orcid.org/0000-0001-5998-9413
  • Anwar Mustofa Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Jakarta
  • Eri Ester Khairas Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32722/mapnj.v6i3.6301

Kata Kunci:

Pendampingan, gerakan literasi sekolah, smp dan sma al umanaa boarding school

Abstrak

The Al Umanaa Foundation/Al Umanaa Modern Islamic Boarding School has implemented a literacy movement since 2016. Foundations/Islamic Boarding School defines literacy as the ability to use language to read, write, listen, and speak. To maximize the literacy movement, however, they do not yet have a literacy learning guidebook. This community service aims to assist teachers in strengthening the implementation of the School Literacy Movement at Al Umanaa Boarding School Junior and Senior High Schools with the main target being to produce a School Literacy Movement Guidebook at Al Umanaa Boarding School Junior and Senior High Schools. The implementation of this community service uses the mentoring method and the Al Umanaa academic community participation method. The result of this activity is the growing understanding of teachers and librarians regarding the management of the School Literacy Movement, after receiving technical guidance activities in a sense, they can understand and be able to implement it in literacy learning activities. The main achievement targets in the form of a School Literacy Movement Guidebook at Al Umanaa Boarding School Junior and Senior High Schools, non-textbook grants, and literacy information boards created by students have been realized. These targets will be used by Al Umanaa Barding School Junior and Senior High Schools starting from the 2023/2024 academic year which is currently underway. 

Keywords- mentoring, school literacy movement, junior and senior high school al umanaa boarding
school

Yayasan Al Umanaa/Pondok Pesantren Modern Al Umanaa melaksanakan Gerakan Literasi Sekolah sejak 2016. Literasi di sini dimaknai sebagai kemampuan menggunakan bahasa untuk membaca, menulis, mendengar, dan bertutur. Sayangnya pesatren ini belum memiliki buku panduan pembelajaran literasi. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan pendampingan kepada guru untuk menguatkan pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah di SMP dan SMA Al Umanaa Boarding School, dan sosialisasi literasi melalui pemasangan papan informasi literasi karya siswa, guru dan pustakawan. Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini menggunakan metode pendampingan dan metode partisipasi civitas akademika Al Umanaa. Hasil kegiatan ini adalah tumbuhnya pemahaman guru dan pustakawan terhadap manajemen Gerakan Literasi Sekolah, setelah mendapatkan kegiatan bimbingan teknis, dalam arti, mereka dapat memahami dan mampu mengimplementasikannya pada kegiatan pembelajaran literasi. Target capaian utama berupa Buku Panduan Gerakan Literasi Sekolah di SMP dan SMP Al Umanaa Boarding School, hibah buku nonpelajaran dan papan informasi literasi karya siswa telah dapat diwujudkan. Ketiga target tersebut digunakan oleh SMP dan SMA Al Umanaa Boarding School mulai tahun pelajaran 2023/2024 yang sedang berlangsung saat ini.

Kata kunc- Pendampingan, gerakan literasi sekolah, smp dan sma al umanaa boarding school

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. 2017. Gerakan Literasi Sekolah Dari Pucuk Hingga Akar Sebuah Refleksi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Supriatnoko dan Hastuti Redyanita. 2022. Penerapan Budaya Literasi di Pondok Pesantren Modern Al Umanaa dalam Tugasnya sebagai Perintis Gerakan Literasi Sekolah di wilayah Jawa Barat. Laporan Penelitian. Depok: UPPM Politeknik Negeri Jakarta.

Unduhan

Diterbitkan

16-12-2023

Cara Mengutip

Supriatnoko, Anwar Mustofa, dan Eri Ester Khairas. “Pendampingan Menguatkan Gerakan Literasi Sekolah Di SMP Dan SMA Al Umanaa Boarding School, Sukabumi”. Mitra Akademia: Jurnal Pengabdian Masyarakat 6, no. 3 (Desember 16, 2023): 425–431. Diakses Juli 2, 2024. https://jurnal.pnj.ac.id/index.php/MAK/article/view/6301.

Terbitan

Bagian

Articles
Share |