Kursus Singkat Parafrasa Untuk Menghindari Plagiarisme di Kalangan Sivitas Akademia

Penulis

  • Yuliani Kusuma Putri Sekolah Tinggi Bahasa Asing YAPARI-ABA
  • Sutiadi Rahmansyah Bandung Institute of Technology image/svg+xml

DOI:

https://doi.org/10.32722/mapnj.v6i3.5841

Kata Kunci:

Parafrasa, Plagiarisme, Sivitas Akademika

Abstrak

This community service focusing on paraphrasing workshop to avoid plagiarism is carried out based on the results of research on the academic writing similarity index. Research conducted on students’ theses shows that the students’ thesis similarity index has a high percentage in the theory section. This indicates that most of the theories in the thesis were not written through the paraphrasing stage so that it can be said to be plagiarism. The purpose of this community service is to socialize the importance of paraphrasing to avoid plagiarism, as well as to improve the academics’ paraphrasing ability when writing scientific papers. The method used in this workshop is material presentation and cooperative learning. All training activities are carried out online. After the material regarding the procedure for paraphrasing was given, the participants were divided into four different groups and were given some theories by the facilitators which they would paraphrase and then present it in front of all participants and presenters for feedback. The evaluation from the participants regarding this activity was very good and the participants hoped that this activity would become a regular workshop.

Keywords— Paraphrase, Plagiarism, Academics


Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang fokus pada kursus singkat parafrasa untuk menghindari plagiarisme ini dilaksanakan dengan berbasis dari hasil penelitian mengenai indeks kemiripan tulisan akademik. Penelitian yang dilakukan terhadap skripsi mahasiswa menunjukkan bahwa tingkat indeks kemiripan skripsi mahasiswa memiliki persentase tinggi di bagian teori. Hal ini mengindikasikan bahwa sebagian besar teori dalam skripsi tersebut tidak ditulis melalui tahap parafrasa sehingga dapat dikatakan sebagai penjiplakan. Tujuan dari kegiatan PkM ini adalah untuk mensosialisasikan pentingnya parafrasa untuk menghindari plagiarisme, serta meningkatkan kemampuan parafrasa sivitas akademika saat menulis karya ilmiah. Metode kursus singkat yang digunakan adalah pemaparan materi dan pembelajaran kooperatif. Seluruh kegiatan kursus singkat dilakukan secara daring. Setelah materi mengenai tata cara melakukan parafrasa diberikan, peserta dibagi ke dalam empat grup berbeda untuk diberikan beberapa teori oleh fasilitator yang akan mereka parafrasa untuk kemudian dipresentasikan di depan seluruh peserta dan pemateri untuk diberikan umpan balik. Evaluasi dari peserta mengenai kegiatan ini sangat baik dan peserta berharap kegiatan ini menjadi kegiatan reguler.

Kata kunci— Parafrasa, Plagiarisme, Sivitas Akademika

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Plagiat di Perguruan Tinggi.

B. T. Novitasari and M. A. Nugroho, Cara Mudah Bebas Plagiarism, 2021.

Y. K. Putri, L. Syawalina,, O. D. Hapitta and A. R. U. Ardipradja, "Analisis Indeks Kemiripan Skripsi Mahasiswa di Aplikasi Turnitin," STBA YAPARI-ABA, Bandung, 2022.

Y. K. Putri, "Pemeriksaan indeks kemiripan dari skripsi berbahasa Inggris dengan Turnitin untuk integritas akademik," Epigram, vol. 19, no. 2, pp. 206-217, October 2022.

H. Kridalaksana, Kamus Linguistik, Edisi Keempat ed., Gramedia Pustaka Utama, 2013.

Unduhan

Diterbitkan

16-12-2023

Cara Mengutip

Putri, Yuliani Kusuma, dan Sutiadi Rahmansyah. “Kursus Singkat Parafrasa Untuk Menghindari Plagiarisme Di Kalangan Sivitas Akademia”. Mitra Akademia: Jurnal Pengabdian Masyarakat 6, no. 3 (Desember 16, 2023): 409–413. Diakses Juli 2, 2024. https://jurnal.pnj.ac.id/index.php/MAK/article/view/5841.

Terbitan

Bagian

Articles
Share |