Pelatihan Wireframe Website di SMAN 58 Jakarta

Penulis

  • Nur Hayati Universitas Nasional (UNAS)

DOI:

https://doi.org/10.32722/mapnj.v6i1.5630

Kata Kunci:

User Interface, SMAN 58 Jakarta, Pengabdian kepada Masyarakat (PkM), Wireframe.

Abstrak

Saat ini banyak sekali template website yang dapat diperoleh secara gratis. Akan tetapi sangat disayangkan sekali karena sebagian besar template website yang beredar berasal dari luar negeri. Padahal sumber daya dari Indonesia cukup banyak jika memang benar-benar dilatih sejak awal untuk terjun pada dunia pemrograman khususnya pembuatan website. Berdasarkan hal tersebut, maka pada Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) kali ini akan diperkenalkan terlebih dahulu tentang bagaimana membuat tampilan website atau pengenalan dasar User Interface (UI) yang mudah dengan menggunakan wireframe. Pada wireframe sudah terdapat berbagai komponen seperti banner, header, content, footer, link, form, dan lain-lain sehingga memudahkan dalam merancang UI pada website. Target PkM ini adalah siswa dari SMAN 58 Jakarta dimana jumlah peserta yang mengikuti kegiatan PkM ini adalah sebanyak 19 siswa. Hasil akhir dari PkM ini adalah para siswa mampu membuat tampilan homepage website menggunakan wireframe dengan bentuk desain yang berbeda sesuai dengan kreatifitas dari masing-masing siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

A. Segara, “Penerapan Pola Tata Letak (Layout Pattern) pada Wireframing Halaman Situs Web,” J. Magenta, STMK Trisakti, pp. 452–464, 2019.

Dimas, “Perancangan Dan Evaluasi Desain Wireframe Sistem Informasi Lentera,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 3, 2020.

Haida, D., Erwin P., Nur W., Abdul J. L., Sumi K., dan Ade P. H., “Pelatihan Desain UI/UX Website UMKM Profile Labscarpe dengan Aplikasi Figma,” J. Pengabdi. Kpd. Masy. Nusant., vol. 3, 2023.

and S. A. A. Arif, W. Andri, “Evaluasi User Interface Website E-commerce Menggunakan Metode Heuristic,” J. Ilm. MATRIK, vol. 24, pp. 157–164, 2022.

Bagoes D. J., Eka P. A., “Perancangan Wireframe User Interface Semesta Baca Menggunakan Figma,” Bina Darma Conf. Comput. Sci., 2022.

A. Segara, “Penerapan Pola Tata Letak (Layout Pattern) pada Wireframing Halaman Situs Web,” J. Magenta, STMK Trisakti, vol. 3, 2019.

Niagahoster, “Wireframe: Pengertian, Cara Membuatnya dan Bedanya dengan Mockup,” 2022. https://www.niagahoster.co.id/blog/pengertian-wireframe/#:~:text=Wireframe adalah kerangka dasar halaman,dengan tata letak yang diinginkan.

D. P. Muhammad, F. R., “Pemodelan Wireframe Sistem Manajemen Proyek Perangkat Lunak (Studi Kasus: PT. Arkatama Multisolusindo)",” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 6, pp. 3372–3378, 2022.

Dicoding, “Belajar Membuat Front-End Web Untuk Pemula,” 2022. https://www.dicoding.com/academies/315

H. Muhammad Syarif, “Penerapan User Centered Design (UCD) Pada Wireframe Desain User Interface dan User Experience Aplikasi Sinopsis Film,” J. Elektro Inform. Swadharma, vol. 2, pp. 43–47, 2022.

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2023

Cara Mengutip

Hayati, Nur. “Pelatihan Wireframe Website Di SMAN 58 Jakarta”. Mitra Akademia: Jurnal Pengabdian Masyarakat 6, no. 1 (April 30, 2023): 327–331. Diakses Juli 2, 2024. https://jurnal.pnj.ac.id/index.php/MAK/article/view/5630.

Terbitan

Bagian

Articles
Share |