Pelatihan Pelayanan Publik, Pengemasan dan Pemasaran Produk Warga Binaan Pada Lembaga Permasyarakatan Perempuan Kota Tangerang, Banten

PELATIHAN PELAYANAN PUBLIK, PENGEMASAN DAN PEMASARAN PRODUK WARGA BINAAN PADA LEMBAGA PERMASYARAKATAN PEREMPUAN KOTA TANGERANG

Penulis

  • Ida Nurhayati Politeknik Negeri Jakarta
  • Efri yanto Politeknik Negeri Jakarta
  • Elly Mirati Politeknik Negeri Jakarta
  • Rahmanita Vidyasari Politeknik Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32722/mapnj.v5i2.5271

Abstrak

Lembaga Pemasayarakatan sebagai bagian dari institusi pemerintah, salah satu tugasnya melakukan pembinaan bagi penghuninya. Sebagai bagian dari institusi pemerintah, maka tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah agar pelayanan publik oleh para petugas Lapas merupakan salah satu unsur penting yang harus diberikan oleh para aparatur pemerintah. Para perugas harus senantiasa berorientasi pada kepentingan publik dengan memperhatikan kualitas pelayanan yang diberikan, agar masyarakat yang dilayani dapat memberikan tanggapan positif. Selain pelatihan pelayanan public bagi aparaturnya, kepada warga binaannya diberikan pelatihan pemasaran dan pengemasah produk hasil karya yang telah dihasilkan oleh warga binaan. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah agar aparatur dapat memberikan pelayaan maksimal kepada warga binaan. Demikian juga kepada para warga binaan setelah bebas dari Lapas, dapat produktif, dan menerapkan keterampilan yang telah diperoleh selama di Lapas. Dengan demikian, mereka dapat membantu ekonomi keluarga yang dilakukan secara mandiri. Metode yang dilakukan dengan melalukan sosialisasi pelayanan prima bagi para petugas Lapas. Sedangkan kepada warga binaan dilakukan dengan cara komunikasi interaktif dengan warga binaan agar lebih memasyarakat dan intensif. Hasilnya para aparatur dapat melakukan pembinaan lebih intensif dan humanis. Demikian juga kepada para warga binaan dapat meningkatkan pengetahuan pemasaran dan pengemasan yang lebih marketable.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Rohayatin,Titin.2017. ”Faktor Penyebab Belum Optimalnya Kualitas Penyelengaraan Pelayanan Publik Dalam Birokrasi Pemerintahan” dalam Jurnal Caraka Prabu Colume 01 No.01 (hlm. 22-36). Universitas Jenderal Achmad Yani.

Lestari, Tri Ynuita Indah.2019. “Model Pembinaan Terhadap Narapidana DI Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Tangerang” dalam Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Bantul, Admin Rutan.2019. “Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik”, http://rutanbantul.kemenkumham.go.id/index.php/zona-integritas/wbk-wbbm/penataan-kualitas-layanan-publik#: diakses pada 08 Februari 2022.

Willy dan Nurjanah, S. 2019. Pengaruh Kemasan Produk Dan Rasa Terhadap Minat Beli Dan Dampak Pada Keputusan Pembelian Pelanggan Pada Minuman Berenergi. Jurnal Ilmu Manajemen. Volume 9, issue 2. Halaman 65-74. https://jurnal.um-palembang.ac.id/ilmu_manajemen/article/view/1820/1486.

Prawiro, M. 2020. Pengertian Kemasan: Fungsi, Manfaat, Tujuan, dan JenisJenis Kemasan. https://www.maxmanroe.com/vid/bisnis/pengertian-kemasan.html.

,7] Rusdi, M. 2019. Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Pada Perusahaan Genting UD Berkah Jaya. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis.Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Trunojoyo.Vol. 6. No2. https://journal.trunojoyo.ac.id.

Solihin, D. dkk. 2020. Penerapan Strategi Pemasaran Sebagai Upaya Meningkatkan Usaha Kecil dan Menengah Warga Di Kelurahan Paninggilan Utara Cileduk. Abdi Laksana. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 1 No. 3.

Website Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Tangerang https://lpptangerang.kemenkumham.go.id/

Unduhan

Diterbitkan

31-12-2022

Cara Mengutip

Nurhayati, Ida, Efri yanto, Elly Mirati, dan Rahmanita Vidyasari. “Pelatihan Pelayanan Publik, Pengemasan Dan Pemasaran Produk Warga Binaan Pada Lembaga Permasyarakatan Perempuan Kota Tangerang, Banten: PELATIHAN PELAYANAN PUBLIK, PENGEMASAN DAN PEMASARAN PRODUK WARGA BINAAN PADA LEMBAGA PERMASYARAKATAN PEREMPUAN KOTA TANGERANG”. Mitra Akademia: Jurnal Pengabdian Masyarakat 5, no. 2 (Desember 31, 2022): 293–300. Diakses Juli 2, 2024. https://jurnal.pnj.ac.id/index.php/MAK/article/view/5271.

Terbitan

Bagian

Articles
Share |

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama