PENGEMBANGAN KAPASITAS PRODUKSI DAN PEMASARAN BONTOT DAN KERUPUK IKAN PAYUS OLEH-OLEH KHAS SERANG-BANTEN PRODUKSI UKM MUTIARA DOMAS BERBASIS TEKNOLOGI UNTUK MENGATASI DAMPAK COVID-19

Penulis

  • Yana Yusyama Teknik Mesin PNJ

DOI:

https://doi.org/10.32722/mapnj.v5i2.4173

Abstrak

Wabah Covid-19 telah banyak menjatuhkan UMKM, namun hal tersebut jangan sampai menimpa UMKM Mutiara Domas milik Ibu Muniroh. Usaha rumahan Mutiara Domas memproduksi Bontot dan Kerupuk Ikan Payus yang diolah manjadi makanan ciri khas Banten, karena bontot dan kerupuk ikan payus hanya bisa dijumpai di Domas, Pontang Kabupaten Serang saja. Ikan payus merupakan spesies ikan bandeng, atau warga Domas menyebutnya sebagai Ikan Bandeng Lanang. Ikan tersebut berasal dari tambak ikan yang terdapat di desa Domas. Karena keberadaan ikan payus yang melimpah, namun pemasaran kurang (karena tekstur daging tipis), maka dari itu ikan payus dijadikan bahan baku olahan makanan. Pelaksanaan pengabdian telah dilaksanak, UMKM Mutiara Domas telah memiliki alat tambahan untuk produksi makanan olahan bontot dan ikan payus. Selain itu pelatihan untuk marketing online telah dilakukan, dan kemasan untuk kerupuk ikan payus telah dibuatkan. Dengan masih adanya pandemi Covid-19 diharapkan tidak terlalu berdampak bagi UMKM Mutiara Domas, dan tim dosen masih berkomunikasi dengan pemilik UMKM Mutiara Domas, berkoordinasi tentang progres penjualan. Adapun luaran dari kegiatan pengabdianpengabdian artikel di jurnal akreditasi, media massa, dan video kegiatan.
Kata Kunci: Bontot kerupuk Ikan Payus, UKM Mutiara Domas, Pandemi Covid-19.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Buku Panduan UP2M edisi 1. 2021

https://id.m.wikipedia.org/wiki/domas,_pontang,_Serang

https://www.lensabanten.com/kuliner-banten/bontot-ikan-payus/

https://www.biem.co/read/2017/08/16/2810/resep-bontot-pontang/

Suharto, M. 2017. Pelatihan Pengelolaan Website Toko Online Bagi UKM di Kawasan Pasar Tradisional Klewer Surakarta Sebagai Strategi Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Demandia,Vol. 2No. 2

Jauhari, J. 2019. Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan enengah (UKM) dengan Memanfaatkan E-Commerce. Jurnal unsri.ac.id/9275/

Slamet, R. 2016. Strategi Pengembangan UKM Digital dalam Menghadapi Era Pasar Bebas. Journals.telkomuniversity.ac.id/ijm/article/view/319/266

Budiman, D.F. 2020. Pelatihan Internet Market Place Bagi Pengrajin Tenun Songket Desa Sukerare Kecamatan Jonggat Lombok Tengah. Jurnal Pepadu. Vol. 1 No. 1, Januari 2020

Unduhan

Diterbitkan

15-12-2021

Cara Mengutip

Yusyama, Yana. “PENGEMBANGAN KAPASITAS PRODUKSI DAN PEMASARAN BONTOT DAN KERUPUK IKAN PAYUS OLEH-OLEH KHAS SERANG-BANTEN PRODUKSI UKM MUTIARA DOMAS BERBASIS TEKNOLOGI UNTUK MENGATASI DAMPAK COVID-19”. Mitra Akademia: Jurnal Pengabdian Masyarakat 5, no. 2 (Desember 15, 2021): 271–276. Diakses Juli 2, 2024. https://jurnal.pnj.ac.id/index.php/MAK/article/view/4173.

Terbitan

Bagian

Articles
Share |