Kegiatan Pelatihan Mengelola Event di Kelurahan Meruyung Depok

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.32722/mapnj.v3i1.2824

Kata Kunci:

Wisata Tirta, MICE PNJ, Event, Pengabdian Masyarakat, dan Kelurahan Meruyung

Abstrak

Kegiatan pelatihan mengelola event Kelurahan Meruyung Depok guna menyiapkan para pengelola pariwisata edukasi untuk lebih memaksimalkan peluang bisnis yang ada. Sehingga program unggulan event di Kelurahan Meruyung dapat dimaksimalkan dengan baik. Mengingat potensi destinasi wisata yang sudah berjalan saat ini masih dikategorikan stagnan.

Prioritas program kegiatan event dikemas mulai dari pre event, event, dan pasca event. Seluruh rangkaian kegiatan dalam event tersebut dilaksanakan secara baik dan detail sehingga mampu menyiapkan sumber daya manusia yang menguasai setiap step pelaksanaan event.

Selain itu, diawali dengan memberikan pemahaman seputar destinasi wisata yang ada di Kelurahan Meruyung sesuai dengan UU Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan, khususnya Pasal 14 tentang Usaha Jasa Pariwisata. Hal ini guna menunjang kelancaran aktivitas wisata edukasi yang sudah dilaksanakan. Diharapkan bantuan material tersebut dapat membangkitkan kembali kepeminatan destinasi wisata yang ada di Kelurahan Meruyung Depok.

Hasil dari kegiatan ini, terlihat adanya ketertarikan dari masyarakat di Kelurahan Meruyung untuk mengembangkan wisata tirta. Dapat dilihat dengan adanya sungai pesanggrahan yang akan dimaksimalkan keberadaannya. Terlebih saat ini dua destinasi wisata yang ada yakni Masjid Dian Al-Mahri dan Kampung 99 Pepohonan sudah dikelola oleh swasta.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Fauzi, A. R. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Ekonomi Kreatif Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Kerajinan Batu Alam Wall Cladding di UD Arjuna Stone Desa Sawo Campurdarat Tulungagung). Skripsi. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Hery, H. (2016). Dampak Pengembangan Desa Wisata Nglanggeran Terhadap Ekonomi Masyarakat Lokal. Jurnal Pariwisata, III(2), 64.

Syah, F. (2014a). Destinasi Wisata Sebagai Aset Daerah. News.Detik.Com. https://news.detik.com/opini/2595172/destinasi-wisata-sebagai-aset-daerah

Syah, F. (2014b). Membangun Konsep Kelurahan/Desa Wisata. News.Detik.Com. https://news.detik.com/opini/d-2586516/membangun-konsep-kelurahandesa-wisata

Triyono, A. (n.d.). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Community Development Program Posdaya (Pos Pemberdayaan Keluarga) PT. Holcim Indonesia Tbk Pabrik Cilacap.

Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia Tahun 1945.

Diterbitkan

15-06-2020

Cara Mengutip

Syah, Firman, dan Maswir Maswir. “Kegiatan Pelatihan Mengelola Event Di Kelurahan Meruyung Depok”. Mitra Akademia: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3, no. 1 (Juni 15, 2020). Diakses Juli 15, 2024. https://jurnal.pnj.ac.id/index.php/MAK/article/view/2824.

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.