Peningkatan Ketrampilan Remaja Putus Sekolah dalam upaya Mengembangkan Usaha Souvenir Gelas Bersablon di Kampung Pulo Geulis Bogor

Penulis

  • Sri Lestari Politeknik Negeri Jakarta
  • Toto S Politeknik Negeri Jakarta
  • Benny N Politeknik Negeri Jakarta
  • Yenniwarti Yenniwarti Politeknik Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32722/mapnj.v2i2.2683

Kata Kunci:

Pulo Geulis, Gelas bersablon, water decal, photoshop, produksi

Abstrak

Kampung Pulo Geulis, merupakan kampung padat penduduk yang berada di pusat kota Bogor. Kampung ini merupakan destinasi wisata yang dikembangkan Panorama dengan adanya wihara di kampung tersebut. Sayangnya diwilayah tersebut tidak terdapat usaha souvenir yang dapat mendukung wisata tersebut. Usaha Gelas bersablon merupakan usaha yang dapat dimulai dengan skala kecil dan menunjang untuk wisata maupun souvenir pernikahan. Sablon merupakan ketrampilan yang diajarkan pada matakuliah bengkel dasar di Program studi Telekomunikasi PNJ. Dengan ketrampilan yang dikembangkan di prodi Telekomunikasi maka pengabdian  kepada masyarakat  ditekankan pada bagaimana memproduksi souvenir gelas bersablon.  Jenis kegiatan yang akan dilakukan diawali dengan pelatihan  usaha  membuat gelas bersablon, dengan materi pelatihan antara lain manajemen wirausaha, photoshop menggunakan computer, praktek sablon menggunakan water decal paper pada medium gelas kaca dan keramik. Setelah itu dilanjut dengan pendampingan produksi dan penjualan dari souvenir yang dibuat oleh mitra peserta kegiatan pengabdian kepada masyarakat.   Tujuan akhir yang ingin dicapai dari Pengmas ini adalah terbentuk pengusaha souvenir gelas bersablon, sehingga tercipta lapangan kerja baru dan sentra souvenir di Pulo Geulis.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ghulam Asrofi Buntoro, Indah Puji Astuti, Dwiyono Ariyadi, IbM Workshop Pembuatan Souvenir dan Cara Pemasaran Online di Desa Bulu Lor, Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 2 (2), 2019, hal 143 – 149.

Hari Lubis, Perkembangan Konsep Kewirausahaan.

Menguak Tabir Misteri Tentang Water Slide Decal Transfer

https://www.ronitadp.com/TempatnyaInformasi-Digital-Printing/Water-SlideDecal-Transfer-Paper

Diterbitkan

12-02-2020

Cara Mengutip

Lestari, Sri, Toto S, Benny N, dan Yenniwarti Yenniwarti. “Peningkatan Ketrampilan Remaja Putus Sekolah Dalam Upaya Mengembangkan Usaha Souvenir Gelas Bersablon Di Kampung Pulo Geulis Bogor”. Mitra Akademia: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 2 (Februari 12, 2020). Diakses Juli 2, 2024. https://jurnal.pnj.ac.id/index.php/MAK/article/view/2683.

Terbitan

Bagian

Articles
Share |