Pelatihan Manajemen Konstruksi Sederhana dan Pengelasan Bagi Santri Pondok Pesantren Manarul Huda Desa Pasir Angin, RT 02, RW 04, Cipayung Datar, Kecamatan Mega Mendung, Bogor

Penulis

  • Amalia Amalia Politeknik Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32722/mapnj.v2i2.2681

Kata Kunci:

pelatihan, santri, pengelasan

Abstrak

Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan dan ketrampilan di bidang manajemen sederhana dan ketrampilan pengelasan kepada kelompok santri pondok pesantren di Desa Pasir Angin,  RT  02,  RW  04,  Cipayung  Datar,  Kecamatan Mega  Mendung,  Bogor.    Dengan  bekal ketrampilan dan pengetahuan tentang manajemen sederhana di bidang bangunan dan pengelasan, diharapkan setelah santri lulus dari pondok pesantren dapat siap memasuki dunia kerja serta membuka peluang usaha di bidang pengelasan atau sebagai mandor bangunan atau pemborong. Adanya ketrampilan ini juga diharapkan, setelah lulus, santri memiliki ketrampilan dan dapat mengurangi pengangguran. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan di atas adalah dengan memberikan pelatihan tentang manajemen sederhana bidang  bangunan dan  ketrampilan pengelasan kepada  kelompok  santri pondok pesantren desa Pasir Angin. Selain memberikan teori di kelas, kegiatan pelatihan juga diberikan praktik pengelasan, praktik membuat railing/pagar, dan praktik menghitung kebutuhan bahan serta praktik merencanakan kebutuhan tenaga kerja dan cara mengelolanya. Praktik diarahkan untuk memperbaiki dan menyediakan prasarana pondok pesantren. Sebelum melaksanakan praktik, peserta pelatihan diarahkan untuk merencanakan kebutuhan bahan praktik dan merencanakan waktu serta mengelola tenaga kerjanya. Dengan demikian, selain menambah pengetahuan dan ketrampilan santri, sekaligus memperbaiki prasarana pondok pesantren. Pelatihan telah dilaksanakan selama 6 hari, mulai hari Ahad, 3 November 2019. Hasil pelatihan, santri dapat membaca gambar, mengukur, memotong, mengelas, dan membuat railing/pagar untuk asrama lantai 2.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Achmadi. 2019. Peralatan Las Listrik Lengkap Beserta Fungsinya. https://www.pengelasan.net/peralatan-las/. (diakses tanggal 20 September 2019).

Diterbitkan

12-02-2020

Cara Mengutip

Amalia, Amalia. “Pelatihan Manajemen Konstruksi Sederhana Dan Pengelasan Bagi Santri Pondok Pesantren Manarul Huda Desa Pasir Angin, RT 02, RW 04, Cipayung Datar, Kecamatan Mega Mendung, Bogor”. Mitra Akademia: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 2 (Februari 12, 2020). Diakses Juli 2, 2024. https://jurnal.pnj.ac.id/index.php/MAK/article/view/2681.

Terbitan

Bagian

Articles
Share |