Pendampingan Pendirian Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Koperasi Dana Bakti Sahabat

Penulis

  • Nurul Hasanah Politeknik Negeri Jakarta
  • Silvia Rosa Politeknik Negeri Jakarta
  • Ach. Bakhrul Muchtasib Politeknik Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32722/mapnj.v1i2.1357

Abstrak

Pengabdian masyarakat ini bertujuan sebagai sarana memberikan wawasan tentang koperasi syariah bagi Komunitas Bakti Sahabat Depok. Sekaligus memberikan pendampingan dan pemberdayaan ekonomi melalui pendirian koperasi simpan pinjam dan pembiayaan syariah. Disisi lain pengabdian masyarakat ini sebagai kontribusi nyata Politeknik Negeri Jakarta dalam hal ini program studi Keuangan dan Perbankan Syariah.

Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) yang merupakan lembaga keuangan mikro (LKM) yang mampu melayani kebutuhan masyarakat pelaku usaha mikro dan kecil. Lembaga ini memfasilitasi terbangunnya kondisi (sistem, metoda, teknik dan output) terwujudnya perimbangan kekayaan yang tidak hanya berada pada segolongan masyarakat. Secara simultan, KSPPS juga menjadi wadah sinergi masyarakat dan manciptakan kearifan lokal. Kearifan local yang dimaksud adalah bagaimana menyiapkan infrastruktur pembangunan berbasis partisipasi masyarakat lokal, yang tidak memiliki ketergantungan permanen pada bantuan, baik dari pemerintah maupun yang lain. Pelaksanaan KSPPS dilakukan dengan bersandar kepada aturan syariah dan aturan koperasi yang ada selama tidak bertentangan dengan hukum syariah.

Kekuatan nilai-nilai spiritual dan sosial dari KSPPS  ini menjadi kelebihan koperasi berbasis syariah dengan koperasi simpan pinjam konvensional. Dalam menjalankan program pengabdian ini akan dilakukan dengan melakukan pendekatan metode; persiapan, pembelajaran, dan pendirian koperasi simpan pinjam dan pembiayaan syariah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

02-05-2019

Cara Mengutip

Hasanah, Nurul, Silvia Rosa, dan Ach. Bakhrul Muchtasib. “Pendampingan Pendirian Koperasi Simpan Pinjam Dan Pembiayaan Syariah Koperasi Dana Bakti Sahabat”. Mitra Akademia: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, no. 2 (Mei 2, 2019). Diakses Juli 16, 2024. https://jurnal.pnj.ac.id/index.php/MAK/article/view/1357.

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama