Perbaikan sarana dan prasarana Belajar Mengajar dan Pelatihan Instalasi alat-alat Listrik Rumah Tangga di Madrasah Ibtidaiyah Mibtahul Ulum, Desa Leuwi karet, Kecamatan Klapa Nunggal Kabupaten Bogor

Penulis

  • Indra Z Politeknik Negeri Jakarta
  • Sila Wardono
  • Wisnu Hendri Mulyadi

DOI:

https://doi.org/10.32722/mapnj.v1i2.1352

Abstrak

Kegiatan Pengabdian Kepada masyarakat ini mempunyai tujuan untuk perbaikan sarana dan prasarana kegiatan belajar mengajar siswa, diantaranya pembuatan Toilet / MCK untuk keperluan sanitasi guru dan murid untuk sarana berwudhu bagi guru dan siswa yang beragama muslim, serta perbaikan plafon dan kasau ruang kelas yang sudah rapuh dan bocor, di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Desa leuwi karet, kecamatan klapanunggal Kabupaten Bogor. Manfaat yang lebih luas adalah siswa/i, Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum dapat merasa kenyamanan di dalam ruangan kelas karena ruangan yang bersih dan kondisi toilet / MCK yang bersih dan memadai sehingga produktivitas belajar mengajar akan lebih baik.
Selain itu, kegiatan yang dilakukan adalah memberikan pelatihan dan pengarahan kepada karyawan, staf pengajar dan masyarakat sekitar, di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum, yang materinya berisikan perawatan dan perbaikan alat alat rumah tangga seperti setrika, dispenser dan kulkas. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan dan kemampuan karyawan dan staf pengajar serta masyarakat sekitar, sehingga karyawan, staf pengajar dan masyarakat sekitar dapat menerapkan gerakan penghematan listrik dalam penggunaan alat alat listrik rumah tangga, dan memahami keselamatan terhadap pemakaian listrik rumah tinggal, agar terhindar dari bahaya kebakaran dan kecelakaan akibat sengatan listrik, yang nantinya dapat menerapkan serta meningkatkan pengetahuan pada proses belajar mengajar siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

02-05-2019

Cara Mengutip

Z, Indra, Sila Wardono, dan Wisnu Hendri Mulyadi. “Perbaikan Sarana Dan Prasarana Belajar Mengajar Dan Pelatihan Instalasi Alat-Alat Listrik Rumah Tangga Di Madrasah Ibtidaiyah Mibtahul Ulum, Desa Leuwi Karet, Kecamatan Klapa Nunggal Kabupaten Bogor”. Mitra Akademia: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, no. 2 (Mei 2, 2019). Diakses Juli 2, 2024. https://jurnal.pnj.ac.id/index.php/MAK/article/view/1352.

Terbitan

Bagian

Articles
Share |