Pembangunan Jembatan Penyeberangan Orang RT 03/ RW 04 Kampung Pondok Manggis, Kelurahan Bojong Baru, Kecamatan Bojonggede Kabupaten Bogor

Penulis

  • Fauzri Fahimuddin Politeknik Negeri Jakarta
  • Yelvi Yelvi
  • Handi Sudardja

DOI:

https://doi.org/10.32722/mapnj.v1i2.1351

Abstrak

Kegiatan pengabdian masyarakat berbasis program studi ini dilaksanakan dengan melakukan pekerjaan pembangunan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) sepanjang 6 meter khususnya bagi masyarakat Kampung Pondok Manggis, Desa Bojong Baru RT. 03, RW 04, Kecamatan Bojong Gede, Kabupaten Bogor. Jembatan Penyeberangan Orang ini dilbangun untuk menghubungi jalan yang dipisahkan oleh sungai kecil yang mempunyai lebar sekitar 2 m. Sebelumnya jalan ini dihubungkan oleh jembatan dari beton yang ketinggiannya hanya 10 - 20 cm dari permukaan air sungai, sehingga kalau pada musim hujan jalan tersebut berada di bawah permukaaan air dan tidak bisa dilalui. Kegiatan ini dimulai dari persiapan, survey lokasi awal, dan pengajuan proposal bulan April 2018. Selanjutnya dilakukan tahap pelaksanaan peninjauan lapangan untuk menentukan teknis pelaksanaan yang sudah terlaksana pada tanggal 06-13 Oktober 2018. Dengan selesainya pekerjaan pembangunan jembatan penyeberangan orang tersebut maka akan tersedia prasarana jalan warga yang layak dan memperlancar kegiatan khususnya transportasi masyarakat desa terutama pada musim hujan. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan di atas adalah Kerjasama antara Tim pengabdian masyarakat Program Studi Perancangan Jalan dan Jembatan, Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Jakarta dengan warga secara bergotong royong melakukan pembangunan jembatan tersebut.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

02-05-2019

Cara Mengutip

Fahimuddin, Fauzri, Yelvi Yelvi, dan Handi Sudardja. “Pembangunan Jembatan Penyeberangan Orang RT 03 RW 04 Kampung Pondok Manggis, Kelurahan Bojong Baru, Kecamatan Bojonggede Kabupaten Bogor”. Mitra Akademia: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, no. 2 (Mei 2, 2019). Diakses Juli 16, 2024. https://jurnal.pnj.ac.id/index.php/MAK/article/view/1351.

Terbitan

Bagian

Articles