REVITALISASI SARANA MCK MASYARAKAT DI DESA ADAT KAMPUNG URUG KABUPATEN BOGOR

Penulis

  • Ahmad Tossin Alamsyah Politeknik Negeri Jakarta
  • Edward Adiputra Politeknik Negeri Jakarta
  • Desi Kusuma Hapsari

DOI:

https://doi.org/10.32722/mapnj.v1i2.1350

Abstrak

Kampung adat Urug yang berlokasi di Desa Urug Kecamatan Sukajaya Kabupaten Bogor Propinsi Jawa Barat menjadi destinasi wisata budaya bagi pelancong yang ingin menemukan alternatif rekreasi unik di Sukajaya. Tatanan masyarakat yang bertahan dengan tradisi dengan keramah tamahan masyarakatnya menjadi daya tarik tersendiri saat kita menginjakkan kaki di kampung adat Urug. Kondisi alam yang asri dan masih terjaga dengan latar Gunung Manapa menambah pemandangan eksotis yang menyejukkan. Sudah banyak pelajar bahkan peneliti yang mengamati lebih dalam tentang keunikan kampung adat Urug yang diakui sebagai warisan budaya kerajaan Siliwangi. Melalui kegiatan Pengabdian Masyarakat yang Program Magister Terapan Teknik Elejtro (MTTE) akan dilakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat bebabasis Prodi dengan judul : Revitalisasi Sarana MCK Masyarakat Di Desa Adat Kampung Urug Kabupaten Bogor
Kegiatan utamanya adalah merevitalisasi fasilitas masyarakat yang berada di desa kampung urug , berupa MCK sebanyak 3 (tiga pintu ) di dua (2) bangunan agar didapatkan tempat yang bersih, dengan mooto“Mens sana in corpore sano” masyarakat kampung Urug harus sehat jiwanya maupun fisiknya.
Kegiatan dilaksanakan di RT 05 Desa Urug Leuwiliang Kabupaten Bogor. Pemilihan ini didasarkan pada kondisi lingkungan yang mana daerah ini merupakan tujuan wisata dengan konsekuensi dampak baik dan buruk dari dari tujuan wisata ini akan dipengaruhi oleh kondisi perikau dan keberesihan masyarakat itu sendiri.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

02-05-2019

Cara Mengutip

Alamsyah, Ahmad Tossin, Edward Adiputra, dan Desi Kusuma Hapsari. “REVITALISASI SARANA MCK MASYARAKAT DI DESA ADAT KAMPUNG URUG KABUPATEN BOGOR”. Mitra Akademia: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, no. 2 (Mei 2, 2019). Diakses Juli 16, 2024. https://jurnal.pnj.ac.id/index.php/MAK/article/view/1350.

Terbitan

Bagian

Articles