The Influence of Social Media Marketing and Online Customer Reviews on Instagram on Consumer's Interest in Buying Ichiban Sushi through the @ichibansushi_id Account Pengaruh Social Media Marketing dan Online Customer Review pada Instagram terhadap Minat Beli Konsumen Ichiban Sushi Melalui Akun @ichibansushi_id Bagian Articles
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh social media marketing dan online customer review pada Instagram terhadap minat beli konsumen Ichiban Sushi melalui akun @ichibansushi_id. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi pada penelitian ini merupakan konsumen wanita dan pria, menggunakan teknik non probability sampling dengan metode pengambilan purposive sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan perhitungan rumus Slovin didapatkan hasil sebanyak 100 orang responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan studi pustaka, kemudian dalam teknik analisis data dilakukan uji validitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji signifikansi parsial T (uji statistik T), uji signifikansi simultan F (uji statistik F) dan uji koefisien determinasi menggunakan program SPSS versi 26 for windows. Berdasarkan hasil uji statistik T, variabel social media marketing berpengaruh dan signifikan terhadap minat beli konsumen dengan nilai thitung > ttabel sebesar 3,211. Sedangkan variabel online customer review berpengaruh dan signifikan terhadap minat beli konsumen dengan nilai thitung > ttabel sebesar 6,809. Berdasarkan hasil uji statistik F, variabel social media marketing dan online customer review berpengaruh secara simultan terhadap minat beli konsumen. Koefisien determinasi diperoleh nilai R sebesar 68,8% menunjukkan bahwa minat beli konsumen dipengaruhi oleh variabel bebas social media marketing dan online customer review. Sedangkan 31,2% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Social Media Marketing, Online Customer Review, Minat Beli Konsumen.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.