The Influence of Viral Marketing and Online Customer Review on Consumer Purchase Interest on Tiktok Social Media (Case Study on Mie Gacoan) PENGARUH VIRAL MARKETING DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA MEDIA SOSIAL TIKTOK (STUDI KASUS PADA MIE GACOAN) Bagian Articles

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Fauziah Zalza Sabillah
Taufik Akbar
Nining Latianingsih

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis apakah terdapat pengaruh secara parsial dan simultan antara viral marketing dan online customer review terhadap minat beli konsumen. Selain itu, penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi Mie Gacoan dalam memperhatikan viral marketing dan online customer review. Maka dari itu, minat beli konsumen akan meningkatkan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian asosiatif kausal dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling dengan menggunakan metode purposive sampling. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Pengujian instrument menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji koefisien determinasi (R2), uji T dan uji F. Pengolahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan software SPSS 26 for windows. Berdasarkan hasil korelasi secara parsial variabel viral marketing memberikan pengaruh terhadap minat beli konsumen sebesar 64,16% dan variabel online customer review memberikan pengaruh terhadap minat beli konsumen sebesar 54,76%. Berdasarkan hasil analisis koefisien determinasi (R2), diperoleh sebesar 71,2% minat beli konsumen pada mie gacoan dipengaruhi oleh variabel independen yaitu viral marketing dan online customer review.



Kata Kunci : Viral Marketing, Online Customer Review, Minat Beli Konsumen

##plugins.themes.academic_pro.article.details##