PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BPSDM DI PUSAT 1 KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM DAN PERUMAHAN RAKYAT

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Yudhistira Agil Prasetyo
tuti Hartati
Menik Wijiyanty

Abstract

Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) di Pusat Penilaian Kompetensi dan Pemantauan Kinerja (Pusat 1) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).  Jurusan Administrasi Bisnis Terapan. Politeknik Negeri Jakarta. 2017. 


 


Penulisan ini dilakukan bertujuan untuk menganalisa dan mengetahui pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) di Pusat Penilaian Kompetensi dan Pemantauan Kinerja (Pusat 1) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).  Metodologi yang dilakukan dalam penulisan ini adalah dengan pendekatan kuantitatif. Penulisan ini menggunakan  teknik sampling jenuh dengan jumlah keseluruhan 45 responden. Uji yang dilakukan dalam penulisan ini diantaranya  uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas, dan uji hipotesis yang terdiri dari uji korelasi sederhana, uji koefisien determinasi (R2), uji regresi linier sederhana dan analisis statistik parsial (uji t). Hasil uji korelasi sederhana menunjukkan bahwa terdapat hubungan linier yang positif, dimana semakin kuat gaya kepemimpinan maka akan semakin baik dan positif pula kinerja pegawai, begitu juga sebaliknya.  Tingkat hubungan antar dua variabel tersebut termasuk dalam kategori yang kuat.  Selanjutnya hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukan bahwa pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja pegawai adalah sebesar 31,2% sedangkan sisanya yaitu 68.8% dipengaruhi variable lain.  Hasil uji regresi linear sederhana menunjukkan bahwa jika gaya kepemimpinan mengalami peningkatan, maka kinerja pegawai akan meningkat, berlaku juga untuk sebaliknya. Kemudian hasil uji t menyimpulkan bahwa gaya kepemimpinan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pegawai pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) di Pusat Penilaian Kompetensi dan Pemantauan Kinerja (Pusat 1) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

##plugins.themes.academic_pro.article.details##