Analisis Perilaku Konsumen dinilai Dari Indeks Sikap Konsumen Pada Restoran Nasi Gajah (Studi Kasus Pada Restoran Nasi Gajah Kota Depok)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dini Bapiani
azwar
Titik Purwinarti

Abstrak

Tren bisnis kuliner yang meningkat pada saat ini memberikan peluang dan tantangan pada pelaku bisnis juga pemerintah selaku pemangku kebijakan. Dengan memahami jenis perilaku konsumen maka para pelaku usaha dapat memilih dan merancang strategi yang cocok untuk mempengaruhi para konsumen. Objek penelitian ini adalah Nasi Gajah Cabang Kota Depok. Permasalahan pada objek penelitian terdapat beberapa aspek belum terkonstribusi secara baik. Salah satunya yaitu dari aspek pasar Nasi Gajah belum mengetahui dengan jelas segmentasi pasar yang tepat dan seberapa besar Nasi Gajah disukai oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui perilaku, karakteristik, serta pendapat konsumen tentang Nasi Gajah menggunakan rumus indeks sikap konsumen. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan sampel yang berjumlah 50 orang konsumen Nasi Gajah. Teknik pendistribusian kuesioner secara incidental sampling dan purposive sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, kuesioner, dan studi literatur. Teknik analisis data penelitian ini adalah deskriptif dan indeks sikap. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Nasi Gajah cukup disukai oleh konsumen; (2) Indeks sikap restoran Nasi Gajah adalah 3,15 yang berarti cukup disukai oleh konsumen; (3) Karakteristik konsumen Nasi Gajah adalah perempuan, berusia 21-22 tahun, mahasiswa, bertempat tinggal di Kota Depok

##plugins.themes.academic_pro.article.details##