PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PADA FASILITAS DAN PETUGAS COMMUTER LINE TICKET VENDING MACHINE (C-VIM) TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PT KAI COMMUTER JABODETABEK DI STASIUN PONDOK CINA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Firdha Fany Ardi
Iis Mariam
Ni Made Widhi

Abstract

Abstrak

 

     Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan pada fasilitas dan petugas Commuter Line Ticket Vending Machine (C-VIM) terhadap kepuasan konsumen PT KAI Commuter Jabodetabek di Stasiun Pondok Cina. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada 100 responden. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian survei yang merupakan salah satu bagian dari pendekatan penelitian kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik statistik inferensial parametris. Hasil analisis data yang diperoleh adalah kualitas pelayanan pada fasilitas dan petugas Commuter Line Ticket Vending Machine (C-VIM) berpengaruh  positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen PT KAI Commuter Jabodetabek di Stasiun Pondok Cina.

 

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen, Commuter Line Ticket Vending Machine    (C-VIM).

 

Abstract

 

     The purpose of this research is to determine the influence of service quality on facilities and service personnels of Commuter Line Ticket Vending Machine (C-VIM) toward customer satisfaction of PT KAI Commuter Jabodetabek at Pondok Cina Station. The data collection technique in this research is questionnaire for 100 respondents. The method of research is used in this research is survey method which is one part of the quantitative research approach. The data analysis technique is parametric inferential statistic. The result of the research shows that the service quality on facilities and service personnels of Commuter Line Ticket Vending Machine (C-VIM) has positive and significant influence toward customer satisfaction of PT KAI Commuter Jabodetabek at Pondok Cina Station.

 

Keywords: Service Quality, Customer Satisfaction, Commuter Line Ticket Vending Machine (C-VIM).

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ardi, F. F., Mariam, I., & Widhi, N. M. (2017). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PADA FASILITAS DAN PETUGAS COMMUTER LINE TICKET VENDING MACHINE (C-VIM) TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PT KAI COMMUTER JABODETABEK DI STASIUN PONDOK CINA. EPIGRAM (e-Journal), 13(2). https://doi.org/10.32722/epi.v13i2.816