BERMAIN PERAN SEBAGAI AWAK MEDIA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Sari Puspita Dewi

Abstract

Abstrak

Pembelajaran bahasa Inggris di bidang penerbitan dan jurnalistik tidak luput dari pengaruh era media digital. Pemilihan metode dan materi pembelajaran perlu menyesuaikan dengan kondisi kekinian. Sebelumnya, pembelajaran bahasa Inggris, khususnya dalam peningkatan kemampuan berbicara, menggunakan materi yang tidak sesuai kondisi mahasiswa seperti percakapan dengan isu umum. Mahasiswa berpendapat bahwa belajar berbicara bahasa Inggris tidak mudah dan tidak menarik. Maka itu, penelitian ini mengkaji pemilihan metode dan materi pembelajaran dalam mata kuliah English for Journalists 2 bagi mahasiswa program studi Penerbitan (Jurnalistik) kelas 2G di semester dua (semester genap) tahun akademik 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode dan bentuk materi pembelajaran yang difokuskan pada tugas di akhir semester berupa bermain peran sebagai news anchor dan reporter terhadap peningkatan kemampuan berbicara (speaking skill) mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penilitian tindakan kelas (classroom action research) dengan pengumpulan data yang diperoleh dari hasil observasi dan performa berbicara mahasiswa dari tiga siklus yang dilaksanakan. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa nilai rata-rata kelas pada siklus 1 sebesar 68,7; siklus 2 sebesar 73,2 dan pada siklus 3 sebesar 81,4. Penelitian ini menunjukkan bahwa bermain peran sebagai awak media massa tidak hanya membantu mahasiswa meningkatkan kemampuan berbicara namun memfasilitasi mahasiswa berbahasa Inggris dalam situasi realistik dan aplikatif juga mengaplikasikan kemampuan teknologi digital yang mereka miliki.

Kata kunci: bermain peran, media massa, teknologi digital

 

Abstract

 Learning English in the field of publishing and journalism do not escape the influence of digital media era. Selection methods and learning materials need to adjust to the current condition. Previously, English language learning, particularly in improving the ability to speak, using material that is not suitable conditions such as a conversation with a student common issues. Students found learning to speak English is not easy and unattractive. Thus, this study examines the selection of methods and teaching materials in the subjects English for Journalists 2 for students of Publishing (Journalistic) 2G classes in the second semester academic year 2014/2015. The purpose of this study was to determine the application of methods and forms of learning materials focused on the task at the end of the semester in the form of playing a role as a news anchor and reporter to the improvement of speaking skills students. The method used in this research is the classroom action research with the collection of data obtained from the observation and performance of the students speak three cycles were carried out. The findings showed that the average value of the class in cycle 1 68.7; 2 cycles of 73.2 and the third cycle of 81.4.

This study shows that playing the role of the mass media crews not only help students improve speaking ability but to facilitate the students speak English in a realistic situation and applicable also apply digital technology capabilities at their disposal.

Keywords: role play, mass media, digital technology

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Puspita Dewi, S. (2016). BERMAIN PERAN SEBAGAI AWAK MEDIA. EPIGRAM (e-Journal), 13(1). https://doi.org/10.32722/epi.v13i1.803