PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING INSTAGRAM TERHADAP MINAT KHALAYAK KE SANTA MODERN MARKET

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Disny Adelia Novita
Azwar Azwar
Riza Hadikusuma

Abstract

Abstrak

Berkembangnya teknologi komunikasi semakin mempermudah arus pertukaran informasi dan kini dimanfaatkan untuk memasarkan produk atau jasa menggunakan fasilitas social media, salah satunya adalah Instagram. Banyaknya pengguna Instagram membuat Santa Modern Market menggunakan aplikasi tersebut untuk menarik minat khalayak untuk datang. Tujuan penelitian ini adalah, untuk mengetahui penggunaan social media marketing Instagram mempengaruhi minat khalayak ke Santa Modern Market. Jumlah responden pada penelitian ini berjumlah 100 responden menggunakan teknik non random sampling. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara kuesioner dan wawancara. Teknik analisa yang digunakan adalah regresi korelasi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan social media marketing Instagram terhadap minat kuat yaitu sebesar 0,695. Pengaruh social media marketing Instagram terhadap minat adalah sebesar 48,3% sedangkan sisanya 51,7% dipengaruhi oleh variabel lain. Berdasarkan uji F social media marketing Instagram berpengaruh signifikan terhadap minat ditunjukan dengan nilai F hitung > dari F tabel : 91,618 > 3,94 sehingga Hipotesis nol (Ho) ditolak, dan Hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dapat disimpulkan social media marketing Instagram berpengaruh signifikan terhadap minat ke Santa Modern Market.

Kata kunci : Social Media Marketing, Instagram, Minat.

Abstract

The development of the communication technology makes the flow of information exchange more easier and now being used to market a product or service using social media facilities such as Instagram. The purpose of this research is to know the use of social media marketing Instagram affect the interest of the people to Santa Modern Market. The number of Instagram users make Santa Modern Market used the application to attract peoples to com . The number of this research respondents is 100 respondents using non random sampling. This research used quantitative research methods. Techniques of data collection by questionnaire and interview. Technique used is regression analysis simple correlation. The result of this study showed that the relationship of social media marketing Instagram and interest is strong at 0,695. The effect of social media marketing Instagram was 48,3% while the remaining 51,7% is influenced by other variables. Based on the F test social media marketing Instagram significant effect on interest indicated by F count> F table: 91,618 > 3,94 so the null hypothesis (Ho) is rejected, and the alternative hypothesis (Ha) is accepted. Social media marketing Instagram can be concluded significant effect on intention to Santa Modern Market.

Keywords : Social Media Marketing, Instagram, Interest.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Novita, D. A., Azwar, A., & Hadikusuma, R. (2016). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING INSTAGRAM TERHADAP MINAT KHALAYAK KE SANTA MODERN MARKET. EPIGRAM (e-Journal), 12(2). https://doi.org/10.32722/epi.v12i2.727