ANALISIS KOHESI DAN KOHERENSI PADA BULETIN JUMAT

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Siti Aisiyah
Wardah Hanafiah

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan aspek-aspek kohesi dan koherensi pada wacana Buletin Jumat agar dapat mengetahui apakah teks-teks tersebut kohesif (padu) dan koheren (terkait) karena kohesi (kepaduan) dan koherensi (keterkaitan) merupakan aspek dan kriteria yang amat penting dalam membangun suatu teks dalam wacana. Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi terhadap perkembangan kualitas Buletin Jumat, sehingga Buletin Jumatdapat dipahami dan bermanfaat bagi para pembaca. Dengan demikian, tujuan penulisan Buletin Jumatuntuk membangun karakter muslim yang baik dapat tercapai. Ada dua Buletin Jumat yang dianalisis dalam penelitian ini, yaitu As-Salam and An-Nadwah.
Metode yang digunakan untuk menganalisis kohesi dan koherensi adalah analisis deskriptif dengan mengelompokkan dan menganalisis setiap paragraf dalam kedua buletin berdasarkan aspek-aspek kohesi dan koherensi yang digunakan.Aspek-aspek kohesi yang dianalisis adalah aspek kohesi gramatikal dan leksikal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aspek-aspek kohesi dan koherensi telah digunakan di dalam kedua Buletin Jumat. Dengan digunakannya aspek-aspek tersebut pesan-pesan dalam buletin tersebut disampaikan kepada para pembaca, sehingga tujuan Buletin Jumat untuk membangun karakter muslim yang baik diharapkan dapat tercapai.

Kata kunci: kohesi, koherensi, kohesi gramatikal dan leksikal, dan Buletin Jumat.


ABSTRACT

This research is aimed to analyze the use of cohesion and coherence aspects in BuletinJumat in order to find out how cohesive and coherent the texts within the bulletins are, since cohesion and coherence are the most important aspects and criteria of developing a text in a discourse. This research can expectedly contribute to the improvement of writing agood quality Buletin Jumat, so that Buletin Jumat can be easily understood and useful to readers. Therefore, the purpose of Buletin Jumat to build a good character of Moslems can be achieved. The Buletin Jumat analyzed in this research were As-Salam and An-Nadwah.
The method used in analyzing cohesion and coherence is descriptive analysis by ways of grouping and analyzing each paragraph of both bulletins based on the cohesion and coherence aspects used. The cohesion aspects analyzed were grammatical and lexical cohesion. The research result shows that grammatical and lexical cohesion and coherence were used in both bulletins. By using those aspects the messages in both bulletins were able to be conveyed in a communicative way to the readers. Therefore, the purpose of Buletin Jumat to build a good character of Moslems is expectably achieved.

Key words: cohesion, coherence, grammatical and lexical cohesion, and Buletin Jumat.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Aisiyah, S., & Hanafiah, W. (2015). ANALISIS KOHESI DAN KOHERENSI PADA BULETIN JUMAT. EPIGRAM (e-Journal), 12(1). https://doi.org/10.32722/epi.v12i1.696