PENGARUH STIMULUS PRODUK, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP MINAT BELIPRODUK BARU JENIS FASHION YANG DIPASARKAN DI FORUM JUAL BELI KASKUS

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Fabian Rachman
Riskon Ginting
Hafniza Amir

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara stimulus produk, harga, dan promosi terhadap minat beli. Pengamatan terhadap Forum Jual Beli Kaskus dilakukan melalui metode survei dengan cara mengumpulkan data dari responden yang didapat dari penyebaran angket secara online kepada member Kaskus yang pernah membeli barang di Forum Jual Beli Kaskus. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda dengan menggunakan program SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa stimulus produk, harga, dan promosi memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap minat beli baik secara simultan maupun parsial dan variabel stimulus harga merupakan stimulus paling dominan dalam mempengaruhi minat beli. Variabel bebas yang diteliti memiliki hubungan hubungan sebesar 59,1% terhadap minat beli dan sisanya 40,9% dipengaruhi faktor lain.

Kata kunci :Stimulus Pemasaran, Produk, Harga, Promosi, Minat Beli

ABSTRACT
This study aims to determine the relationship between the product, price, and promotion stimulus on buying interest. Observations of Kaskus Trading Forum conducted through the surveys by collecting data from respondents were obtained from an online questionnaire to members Kaskus that ever purchase goods on Kaskus Trading Forum. The statistical analysis used in this study is multiple regression analysis using SPSS 21. The results showed that the product, price, and promotion stimulus has a very strong influence on buying interest either simultaneously or partial and variable of price stimulus is a most dominant stimulus in influencing buying interest. Independent variables studied have a connection relationship of 59.1% on purchasing decisions and the rest of 40.9% influenced by the other factors.

Keywords:Marketing Stimulus, Product, Price, Promotion, Buying Interest

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Rachman, F., Ginting, R., & Amir, H. (2015). PENGARUH STIMULUS PRODUK, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP MINAT BELIPRODUK BARU JENIS FASHION YANG DIPASARKAN DI FORUM JUAL BELI KASKUS. EPIGRAM (e-Journal), 11(2). https://doi.org/10.32722/epi.v11i2.679