Listrik Prabayar Dilihat Dari Perilaku Konsumen Di Depok

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Azwar Azwar

Abstract

Prepaid electricity is one of the PLN to meet customers' satisfaction with prepaid electricity PLN hope customers can easily control usage, and can easily pay for saving. However, on this prepaid electricity program needs to be proved by the research, with the problem of how attitudes towards prepaid electricity customers, and by using the survey method and purposive approach, cluster, quota and non-random sampling, the data collected by questionnaires, tabulated and processed with a qualitative approach , so that the conclusions obtained from this study is that using prepaid electricity, electricity consumption control easier, using prepaid electricity, easy to save, and by using prepaid electricity, electricity payments easier to do than it is advice that can be given is the best PLN conduct outreach to customers in the use of pre-paid electricity so customers know how to correct usage, and maximizing existing facilities such as the purchase of tokens through ATMs, branches and ATMs can be used throughout the customer to purchase tokens.

Keywords: electricity, prepaid, behavior, consumer, easy and efficient, token



Abstrak

Listrik prabayar adalah salah satu program PLN untuk memenuhi kepuasan pelanggan, dengan listrik prabayar ini PLN berharap pelanggan bisa mudah mengendalikan pemakaian, mudah membayar dan bisa hemat. Namun demikian tentang program listrik prabayar ini perlu dibuktikan dengan penelitian, dengan masalah bagaimana sikap pelanggan terhadap listrik prabayar, dan dengan menggunakan metode survey dan pendekatan purposive, cluster, quota dan non-random sampling, data dikumpulkan dengan daftar pertanyaan, ditabulasi dan diolah dengan pendekatan kualitatif, sehingga kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini adalah bahwa dengan menggunakan listrik prabayar, pengendalian pemakaian listrik lebih mudah dilakukan, dengan menggunakan listrik prabayar, mudah melakukan penghematan, dan dengan menggunakan listrik prabyar, pembayaran listrik lebih mudah dilakukan selain itu saran yang bisa diberikan adalah sebaiknya pihak PLN mengadakan sosialisasi kepada pelanggan dalam penggunaan listrik pra bayar agar pelanggan mengetahui cara pemakaian yang benar, dan memaksimalkan fasilitas yang sudah ada seperti pembelian token melalui ATM, serta seluruh cabang ATM dapat digunakan pelanggan untuk membeli token.

Kata kunci : listrik, prabayar, perilaku, konsumen, mudah dan hemat, token

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Azwar, A. (2013). Listrik Prabayar Dilihat Dari Perilaku Konsumen Di Depok. EPIGRAM (e-Journal), 9(2). https://doi.org/10.32722/epi.v9i2.50