TANGGAPAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN YANG DIBERIKAN OLEH BADAN PERTANAHAN NASIONAL KOTA DEPOK

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Mawarta Onida
Anwar Mustofa

Abstract

Abstrak

Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang meneliti tentang bagaimana tanggapan masyarakat Depok tentang pelayanan public dalam bidang pertanahan yang diberikan oleh Badan Pertanahan Kota Depok. Pelayanan yang diberikan oleh BPN antara lain adalah bagaimana mengurus surat sertifikat tanah. Aspek aspek pelayanan public yang diteliti meliputi: prosedur pelayanan, prosedur pelayanan, biaya yang dikeluarkan, kenyamanan tempat, sarana dan prasarana dan kompetensi petugas pelayanan. Instrument yang digunakan adalah: lembar angket dan wawancara serta observasi lapangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosedur pelayanan yang diberikan oleh petugas mendapat nilai 69 (kurang baik, Waktu pelayanan yang diberikan mendapat nialai 63 (kurang baik) Produk pelayanan yang diberikan mendapat nilai 65 (kurang baik)Sarana dan prasarana yang disediakan oleh kantor BPN mendapat nilai 75 (kurang baik)Kompetensi petugas pelayanan mendapat nilai 54 (kurang baik) total nilai yang seharusnya 160.

kata kunci: BPN, pelayanan publik, tanggapan masyarakat, Depok, kepuasan

---------------------------------------------------------------------
Abstract

This study is a research field that examines how Depok community feedback about public services in the area of land granted by the Land Agency Depok City.. Services provided by BPN, among others, is how to take care of the land certificate letter. The aspect observed are how the infrastructure, the cost, the lounge, facility and infrastructure, hospitality and the competence of the employee. The used instrument are: the questionnaire, the interview and the field observation. Instruments used were: questionnaire and interview. The result shows that the service given by BPN regarding to completion time spending, procedure, infrastructure, facility, hospitality and competence still on the poor condition. It is 65 of 160

keywords: state land board, public services, opinion, Depok region, satisfaction

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Mawarta Onida, Politeknik Negeri Jakarta

Jurusan Administrasi Niaga

Anwar Mustofa, Politeknik Negeri Jakarta

Jurusan Administrasi Niaga
How to Cite
Onida, M., & Mustofa, A. (2014). TANGGAPAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN YANG DIBERIKAN OLEH BADAN PERTANAHAN NASIONAL KOTA DEPOK. EPIGRAM (e-Journal), 8(2). https://doi.org/10.32722/epi.v8i2.488