PENGARUH CITRA INSTITUSI DAN KEPUASAAN MAHASISWA TERHADAP LOYALITAS (STUDI KASUS POLITEKNIK NEGERI JAKARTA DAN POLITEKNIK NEGERI BANDUNG)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ade Haryani
Zaenal Arifin

Abstract

A customer’s-satisfaction-oriented service quality and some approaches towards potentially good candidates have to be applied by projecting a positive institutional image. A strategy which focusing on service quality (intangible, reability, responsibility, assurance, and empathy) not only is very important but also will affect on loyalty.
This research is expected to describe, explain, and also provide input for both polytechnics’ management so that they repair some parameters which is considered dissatisfying by some many students (negative result), for example: employees serving students friendly and politely, alacrity in serving, completing educational and practical facilities, providing transportation leading to campuss, and also good communication between academicians and students.

Key words: good image, satisfaction, loyality, polytechnic.

__________________________________________________________________________

ABSTRAK

Penelitian ini adalah studi kasus pengaruh citra institusi dan kepuasan mahasiswa terhadap loyalitas PNJ dan Polban. Metoda yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif, yaitu mendeskripsikan atau menjelaskan peristiwa dan kejadian yang ada sekarang berdasarkan teori dan angka-angka, gabungan antara data kualitatif dan data kuantitatif. Data yang digunakan berupa data yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada responden yakni mahasiswa PNJ dan mahasiswa POLBAN semester IV dari setiap jurusan dan data sekunder yang diperoleh dari data internal kedua politeknik.
Penelitian ini diharapkan dapat memberi gambaran serta masukan kepada pihak manajemen kedua politeknik untuk segera melakukan pebaikan pada faktor-faktor yang dianggap kurang memuaskan mahasiswa (hasil negatif), seperti pelayanan, melengkapi fasilitas praktek, menyediakan alat transportasi untuk memudahkan mahasiswa menuju kampus, serta komunikasi yang baik antar civitas akademi dengan mahasiswa.

Kata kunci: institusional image, kepuasan, loyalitas, mahasiswa, POLBAN.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Ade Haryani, Politeknik Negeri Jakarta

Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan

Zaenal Arifin, Politeknik Negeri Jakarta

Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan
How to Cite
Haryani, A., & Arifin, Z. (2013). PENGARUH CITRA INSTITUSI DAN KEPUASAAN MAHASISWA TERHADAP LOYALITAS (STUDI KASUS POLITEKNIK NEGERI JAKARTA DAN POLITEKNIK NEGERI BANDUNG). EPIGRAM (e-Journal), 9(1). https://doi.org/10.32722/epi.v9i1.39