Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Media Film

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Wardah Hanafiah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil peningkatan keterampilan berbicara bahasa Inggris menggunakan media belajar film. Film sebagai media belajar sangat disukai oleh mahasiswa sehingga memudahkan mahasiswa berinteraksi. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan. Proses pengumpulan data adalah observasi, catatan harian, dokumentasi dan tes. Proses validasi data penelitian dilakukan selama proses kegiatan tindakan dan hasil yang diperoleh serta melibatkan kolaborator. Hasil penelitian menunjukkan media belajar film memberikan dampak yang positif terhadap peningkatan keterampilan berbicara bahasa Inggris. Hal ini disebabkan karena penerapan media belajar film menjadi sangat menyenangkan. Nilai rata-rata dari siklus pertama ke siklus kedua sampai siklus ketiga mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Nilai rata-rata siklus 1 adalah 62,2. Nilai rata-rata siklus 2 adalah 71,2. Nilai rata-rata siklus 3 ada;ah 80,5.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Hanafiah, W. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Media Film. EPIGRAM (e-Journal), 16(2), 149–158. https://doi.org/10.32722/epi.v16i2.2229

References

  1. Almeida, P. A., & Costa, P. D. (2014). Foreign Language Acquisition: The Role of Subtitling. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 141, 1234–1238. https://doi.org/10.1016/J.SBSPRO.2014.05.212
  2. Bajrami, L., & Ismaili, M. (2016). The Role of Video Materials in EFL Classrooms. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 232, 502–506. https://doi.org/10.1016/J.SBSPRO.2016.10.068
  3. Bonsignori, V. (2018). Using films and TV series for ESP teaching: A multimodal perspective. System, 77, 58–69. https://doi.org/10.1016/J.SYSTEM.2018.01.005
  4. Brown, S. K. (2010). Popular films in the EFL classroom: Study of methodology. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 3, 45–54. https://doi.org/10.1016/J.SBSPRO.2010.07.011
  5. Hinkel, E. (2018). Teaching Speaking in Integrated-Skills Classes. In The TESOL Encyclopedia of English Language Teaching (pp. 1–6). Hoboken, NJ, USA: John Wiley & Sons, Inc. https://doi.org/10.1002/9781118784235.eelt0256
  6. Kitagaki, I. (2013). Effect of English Short Sentences Memorization on the Speaking Skill and the E-learning of English. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 103, 348–351. https://doi.org/10.1016/J.SBSPRO.2013.10.343
  7. meinawati, euis. (2015). Improving Students’ Academic Paragraph Writing Through Film and Streaming Media. Retrieved from https://www.academia.edu/16529985/Improving_Students_Academic_Paragraph_Writing_Through_Film_and_Streaming_Media
  8. Nunan, D. (2015). Teaching English to Speakers of Other Languages: An Introduction. London & New York: Routledge.
  9. Richards, J. C. (2008). Teaching Listening and Speaking From Theory to Practice. Cambridge: Cambridge University Press.
  10. Richards, J. C., & Renandya, W. A. (2002). Methodology in Language Teaching An Anthodology of Current Practice. Cambridge: Cambridge University Press.