LIFE SKILLS EDUCATION APPROACH UNTUK MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Purnomo Ananto

Abstract

Abstract


Educational services that can provide the skills to interact in today's vibrant life-filled dynamics need to be continually nurtured. The learning process which so far tended to be verbalistic and oriented on the subject matter alone and took place one way (one way communication) less able to improve the life skills of junior high school students. This paper discuss how to improve the life skills of junior high school students through existing learning so that they have good character, but using life skill education approach which has a purpose to carry out education in improving Psychosocial Skills and ability overcoming the demands and challenges of everyday life. The learning process with life skill education approach will have a significant impact on educating the character character of the students in junior high school which since elementary school accepting the learning process with pedagogical approach, through life skill education approach will be able to improve the quality of education implementation in school which in turn will encourage the formation of students character as a whole, integrated, and balanced, according to the competency standards of graduates in junior high school, it just needs to be balanced by creative teachers and for that training is required.


Keywords: Life Skills Education approach, Education Character, Student, Junior High School


Abstrak


Pelayanan pendidikan yang dapat memberikan kecakapan untuk berinteraksi dalam dinamika kehidupan saat ini yang sarat dengan perubahan, perlu terus ditumbuhkembangkan. Pendidikan harus berakar di masyarakat, memberikan akses yang seluas-luasnya kepada masyarakat, dan dimanfaatkan untuk memajukan kehidupan masyarakat. Proses pembelajaran yang selama ini cenderung verbalistik serta berorientasi subject matter semata dan berlangsung satu arah kurang dapat meningkatkan kecakapan hidup peserta didik SMP. Paper ini membahas bagaimana meningkatkan kecakapan hidup peserta didik SMP melalui pembelajaran yang ada agar mereka memiliki karakter baik, tetapi menggunakan pendekatan pendidikan kecakapan hidup yang memiliki tujuan untuk melaksanakan pendidikan dalam meningkatkan kecakapan dan kemampuan psikososial seseorang untuk mengatasi berbagai tuntutan dan tantangan hidup sehari-hari. Proses pembelajaran dengan pendekatan pendidikan kecakapan hidup akan berdampak signifikan dalam mengembanggkan pendidikan karakter peserta didik di SMP yang sejak di sekolah dasar menerima proses pembelajaran dengan pendekatan pedagogi, melalui pendekatan pendidikan kecakapan hidup akan dapat meningkatkan mutu penyelenggaraan dan hasil pendidikan di sekolah yang pada gilirannya akan mendorong pembentukan karakter peserta didik secara utuh, terpadu, dan seimbang, sesuai standar kompetensi lulusan di SMP, hanya saja perlu diimbangi guru-guru yang kreatif dan untuk itu diperlukan pelatihan.

Kata kunci: Life Skills Education approach (Pendekatan Pendidikan Kecakapan Hidup), Pendidikan Karakter, Peserta Didik, Sekolah Menengah Pertama.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ananto, P. (2019). LIFE SKILLS EDUCATION APPROACH UNTUK MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP. EPIGRAM (e-Journal), 16(1). https://doi.org/10.32722/epi.v16i1.1421