INOVASI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MEMBEKALI MAHASISWA MENGHADAPI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Isna Wardiah
Nurmahaludin Nurmahaludin

Abstract

Abstract


Indonesia is facing an era of industri 4.0 that causes disruption in the labor market. Higher education institutions are obliged to equip students with life skills through lecturing process. It needs innovation for mathematics learning to give hard skills and soft skills for the students. Learning method that will be tested is Student team achievement division (STAD). The objective of this research is to equip students to face the era of industri 4 by improving soft skill and hard skill through STAD method. This is a classroom action research with students of IT study program of Poliban that learning mathematics II as the object. The study was conducted in two cycles. The dependent variables are Student's Soft skills (communication, discipline, teamwork, and creativity) and Students’ hard skills (test scores). The independent variable is the STAD. Soft skills data were analyzed by calculating the mean of the softskill indicator and the hardskill data by measuring the mean of the test score. In the end, STAD cooperative learning improves students' soft skills, it can be seen from the observation value of each indicator which reaches ≥ 2.4 with the criteria of "Good" results in cycle I and "Very Good" in cycle II. It also improves students’ hard skills, 63.9% student reaches >= 65 in cycle I and 87.1% in cycle II.


Keywords: Industrial Revolution 4.0, Hard skills, Soft skills, Mathematics learning,, STAD


Abstrak


Indonesia tengah menghadapi revolusi industri 4.0 yang menyebabkan disrupsi pada pasar tenaga kerja, sehingga kualitas SDM sangat penting. Perguruan tinggi sebagai pencetak tenaga kerja wajib membekali mahasiswa dengan hard skills sekaligus soft skills melalui proses perkuliahan, termasuk perkuliahan matematika. Metode pembelajaran yang diujicoba adalah Student team achievment division (STAD). Tujuan penelitian adalah membekali mahasiswa menghadapi revolusi industri 4 dengan meningkatkan kemampuan soft skills dan hard skills melalui metode STAD. Objek penelitian adalah mahasiswa Teknik Informatika Poliban semester kedua TA 2017/2018 mata kuliah matematika II. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, dengan tahapan Perencanaan, Tindakan, Observasi dan Refleksi. Variabel terikatnya yaitu: 1) Soft skills mahasiswa (keterampilan berkomunikasi, disiplin, kemampuan bekerjasama dalam tim, serta kreativitas); 2) Hard skills mahasiswa (nilai tes). Variabel bebasnya adalah model pembelajaran STAD. Data softskill dianalisa dengan menghitung rerata skor indikator softskill dalam lembar observasi. Data hard skills dianalisa dengan mengukur rerata nilai tes.  Kesimpulan didapat bahwa STAD mampu meningkatkan soft skills mahasiswa berupa teamwork, kedisiplinan, kreatifitas, dan komunikasi, hal ini terlihat dari nilai observasi tiap indikator yang mencapai ≥ 2.4 dengan kriteria hasil “Baik” pada siklus I dan “Sangat Baik” pada siklus II. Begitu juga Hard skills mahasiswa pada mata kuliah matematika terapan Iidapat ditingkatkan, dimana 63,9% mahasiswa memperoleh nilai >= 65 pada siklus pertama menjadi 91.8 % pada siklus kedua.

Kata kunci: Revolusi Industri 4.0, Hard skills, Soft skills, pembelajaran Matematika, STAD

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Wardiah, I., & Nurmahaludin, N. (2019). INOVASI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MEMBEKALI MAHASISWA MENGHADAPI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. EPIGRAM (e-Journal), 16(1). https://doi.org/10.32722/epi.v16i1.1419