ANALISIS EFEKTIFITAS CBET (COMPETENCY BASE EDUCATION AND TRAINING) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN SOFT SKILLS, TANGGUNG JAWAB DAN DISIPLIN TERINTEGRASI (STUDI PROGRAM MAGANG MAHASISWA JURUSAN ADMINISTRSI NIAGA POLITEKNIK NEGERI JAKARTA)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Wahyudi Utomo
Azwar Azwar

Abstract

Abstract


This study aims to improve the mastery of student soft skills and discipline through a dual system program and also to find industrial needs about the abilities and skills of students during an internship at the company. This research is descriptive quantitative, using questionnaires and documentation to collect data from respondents. It is expected that the research findings show the effectiveness of the form of dual system learning developed to be able to improve competencies, especially soft skills, responsibilities and discipline of the students.


Keywords: competency, internships, soft skills, and effectiveness


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan soft skills tanggung jawab dan disiplin mahasiswa melalui program sistem ganda dan juga menemukan kebutuhan industri tentang kemampuan dan keterampilan mahasiswa selama magang di perusahaan. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif, yang menggunakan kuesioner dan dokumentasi untuk mengumpulkan data dari responden.
Diharapkan temuan penelitian menunjukkan efektifitas bentuk pembelajaran sistem ganda yang dikembangkan mampu meningkatkan kompetensi terutama softs skill, tanggung jawab dan disiplin dari para mahasiswa


Kata Kunci: kompetensi, magang, softskills, dan efektifitas

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Utomo, W., & Azwar, A. (2019). ANALISIS EFEKTIFITAS CBET (COMPETENCY BASE EDUCATION AND TRAINING) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN SOFT SKILLS, TANGGUNG JAWAB DAN DISIPLIN TERINTEGRASI (STUDI PROGRAM MAGANG MAHASISWA JURUSAN ADMINISTRSI NIAGA POLITEKNIK NEGERI JAKARTA). EPIGRAM (e-Journal), 15(2). https://doi.org/10.32722/epi.v15i2.1277

References

  1. Agus,Suprijono.2009. Cooperative learning Teori dan Aplikasi Paikem.Yogyakarta:Pustaka Pelajar
  2. Bowden, J. & Masters, G. 1993. Implicationsfor Higher Education of A Competency-Based Approach to Education and Learn-ing. Canbera: AGPS. Prentice-Hall, Inc.
  3. Dyah Setyorini, dkk. Model Magang Industri Guna Pencapaian Standar Kompetensi Lulusan FE Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. XIV, No. 2, Tahun 2016
  4. Edi Suswardji, dkk. Hubungan Kompetensi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Tenaga Kependidikan Universitas Singaperbangsa Karawang . Jurnal Manajemen Vol.10 No.1 Oktober 2012.
  5. Golemen, Daniel. “Working With Emotional Intelegence: Kecerdasan Emosional Untuk Mencapai Puncak Prestasi”. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. 2000.
  6. Hamida.”Peningkatan Soft skills Tanggung Jawab dan Disiplin Terintegrasi Melalui Pembelajaran Praktik Patiseri”. Jurnal Pendidikan Karakter, Universitas Negri Yogyakarta Vol.1 No.2, Juni 2012
  7. Joyce, Bruce & Weil, Marsha. 2009. Model of Teaching. Boston:Allynand Bacon Publisher.
  8. Liana Sari, Beti dkk. Studi Kepuasan Pengguna Magang Mahasiswa Pendidikan Ekonomi BKK Pendidikan Administrasi Perkantoran. FKIP UNS 2014. Jurnal.fkip.uns.ac.id. diakses tanggal 10 April 2018
  9. Lilik,Salmah dkk. Tingkat Penguasaan Self Regulated learning Skills Ditinjau Dari Segi Prestasi Belajar dan Lama Studi Pada Mahasiswa FKIP UNS
  10. Masitoh dan Laksmi Dewi, 2009, Strategi Pembelajaran, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Depag RI
  11. Muslih. Analisis Efektifitas Program Magang Untuk Sinkronisasi link and match Perguruan Tinggi Dengan Dunia Industri. Jurnal Manajemen & Bisnis Vol 14 no. 01 April 2014
  12. Nitta.”Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Peningkatan Kinerja Karyawan Pada Balai Pelatihan Teknis Pertanian Kalasey”. Jurnal EMBA Fakultas Ekonomi, Universitas Sam Ratulangi Manado. ISSN 2303-1174 Vol.1 No.3 Juni 2013.
  13. Noe, Hollenbeck, Gerhart, Wright, 2003, Human Resource Management, International Edition, The McGraw-hill Companies, Inc. New York
  14. Parsaoran, S. dan Liliasari. 2010.Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Calon Guru Sekolah Dasar dalam Pendekatan Pembelajaran dan Asesmen
  15. Preston, B.& Walker, J. 1993. Competency Standards in the Professions and Higher Education: a Holistic Approach. Canber-ra: Australian College of Education,
  16. Prihadi, Syaiful F. 2004. Assesment Centre,Identifikasi, Pengukuran, dan Pengembangan Kompetensi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
  17. Kessler, Robin. 2011. Competency Based Performance Reviews. Jakarta: PM
  18. Purnami.”Implementasi Metode Experiental Learning Dalam Pengembangan Softskill Mahasiswa Yang Menunjang Integrasi Teknologi, Manajemen dan Bisnis”. Jurnal Penelitian Pendidikan , Magister Manajemen Bisnis, Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia. ISSN 1412-565 X Vol. 14 No. 1, April 2013.
  19. R. Mursid, 2011. Pengembangan Model Pembelajaran Praktik Berbasis Kompetensi Berorientasi Produksi
  20. Rivai, Veithzal dan Ahmad Fawzi Mohd Basri. 2005. Performance Appraisal. Jakarta: Raja Grafindo Persada
  21. -------------------dan Deddy Mulyadi. 2003. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada
  22. Setyantoko Nur Aji. “Kemampuan Soft Skill Guru Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan SMA Negri Se-Kabupaten Purwerejo”. Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakarta, Skripsi: 2013.
  23. Siti Halimah, 2012. Penerapan Studi Pembelajaran Aktif di Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
  24. Siti Hamidah dan Sri Palupi. Peningkatan Soft Skills Tanggung Jawan dan Disiiplin melalui Pemebelajaran Patiseri. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun II, Nomor 2, Juni 2012
  25. Wagiran, Sudji Munadi, Syukri Fathudin AW. Pengembangan Model Penguatan Soft Skills Dalam Mewujudkan Calon Guru Profesional Berkarakter. Jurnal Kependidikan, Volume 44, nomor 1, mei 2014, halaman 92 – 102.
  26. Wibowo. 2010. Manajemen Kinerja. Jakarta: Raja Grafindo Persada
  27. -------- 2010. Budaya Organisasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada
  28. Widayanti.”Pengaruh Hard Skill dan Soft Skill Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada PT. Telkom Kandatel Malang)”. Jurnal Dinamika Dotcom, STMIK Pradnya Paramita Malang Vol 3. No. 1 : 2014.
  29. Yanti.”Pengaruh Kompensasi, Motivasi Kerja, Lingkungan kerja dan disiplin terhadap Kinerja Karyawan pada CV Koperasi Puri Kencana Taxi Semarang”. Jurnal Ekonomi, Jurusan Managemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pandanaran. Semarang : 2010