ANALISIS FAKTOR INTERNAL DAN FAKTOR EKSTERNAL DALAM STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS PADA PT ESA JAYA GLOBAL

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Elsa Dian Prastiti
Iis Mariam
Ernita Siambaton

Abstract

Abstract


This study aims to identify internal environmental factors, and external environmental factors that affect the company's business and formulate appropriate types of strategies that can be applied by PT Esa Jaya Global in the development of its business. The type of research used in this study is qualitative. Data collection techniques used are triangulation of three techniques, namely semi-structured interviews, frank observation and documents. The source of data used consists of primary data and secondary data. Furthermore, the data was processed descriptively using EFE (External Factor Evaluation) Matrix, IFE (Internal Factor Evaluation) Matrix, SWOT Analysis Matrix, and data from the three matrices were analyzed by QSPM to determine the best and suitable strategy to be implemented in PT Esa Jaya Global . The results of this study indicate that PT Esa Jaya Global has 9 strength factors, 6 weakness factors, 2 opportunity factors, and 4 threat analyzes that affect the company. Based on the QSPM analysis, the best strategy for PT Esa Jaya Global is to conduct a work contract with customers and company partners who have the highest STAS value of 5.728.


Key word: Logistic Expedition, EFE, IFE, SWOT, QSPM.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor lingkungan internal, dan faktor lingkungan eksternal yang mempengaruhi bisnis perusahaan serta merumuskan jenis strategi yang sesuai dan dapat diterapkan oleh PT Esa Jaya Global dalam pengembangan bisnisnya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah triangulasi dari tiga teknik yaitu wawancara semi terstruktur, observasi terus terang dan dokumen. Sumber data yang digunakan terdiri dari data primer dan data sekunder. Selanjutnya data diolah secara deskriptif menggunakan Matriks EFE (External Factor Evaluation), Matriks IFE (Internal Factor Evaluation), Matriks Analisis SWOT, dan data dari ketiga matriks tersebut dianalisis dengan QSPM untuk menetapkan strategi yang paling baik dan cocok untuk diimplementasikan pada PT Esa Jaya Global. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT Esa Jaya Global memiliki 9 faktor kekuatan, 6 faktor kelemahan, 2 faktor peluang, dan 4 analisis ancaman yang berpengaruh terhadap perusahaan. Berdasarkan analisis QSPM, strategi terbaik untuk PT Esa Jaya Global adalah melakukan kontrak kerja dengan pelanggan dan mitra perusahaan yang memiliki nilai STAS tertinggi yaitu 5,728.


Kata kunci: Ekspedisi Logistik, EFE, IFE, SWOT, QSPM

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Prastiti, E. D., Mariam, I., & Siambaton, E. (2019). ANALISIS FAKTOR INTERNAL DAN FAKTOR EKSTERNAL DALAM STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS PADA PT ESA JAYA GLOBAL. EPIGRAM (e-Journal), 15(2). https://doi.org/10.32722/epi.v15i2.1241

References

  1. Afrizal. 2014. Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
  2. Amir, M. Taufiq, 2016. Manajemen Strategik: Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Pers
  3. David, Fred R. 2013. Strategic Management Concepts and Cases. England: Pearson education limited
  4. David, Fred R dan Forest R David. 2016. Manajemen Strategik: Pendekatan Keunggulan Bersaing. Jakarta: Salemba Empat
  5. Ghony, M Djunaidi dan Almanshur Fauzan. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-ruzz media
  6. Hunger, J David dan Wheelen, Thomas L. 2010. Manajemen Strategis. Yogyakarta: ANDI
  7. Idrus, M. 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: Erlangga
  8. Nilasari, Senja. 2016. Manajemen Strategi Itu Gampang Untuk Orang Pemula & Orang Awam. Jakarta: Laskar Group
  9. Purnomo, Setiawan Hari dan Zulkieflimansyah. 2007. Manajemen Strategi, Sebuah Konsep Pengantar. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia
  10. Rangkuti, Freddy. 2014. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
  11. Sarosa, Samiaji. 2012. Penelitian Kualitatif: Dasar-dasar. Jakarta: PT Indeks
  12. Solihin, Ismail. 2012. Manajemen Strategik. Bandung: PT Gelora Aksara Pratama
  13. Sugiarto, 2017. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Andi
  14. Sugiyono. 2017. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  15. Sutarto. 2006. Dasar-Dasar Organisasi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
  16. Wahjono, Sentot Imam. 2008. Manajemen Tata Kelola Organisasi Bisnis. Jakarta: PT Indeks.
  17. Yunus, Eddy. 2016. Manajemen Strategi. Yogyakarta: CV Andi Offset.
  18. Yusuf, A. Muri. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada Media Grup
  19. Agdi, Desinaya. 2016. Analisis Faktor Eksternal dan Internal dalam Formulasi Strategi Pemasaran Minyak Kelapa Sawit di PT MGG Jakarta. Depok
  20. Gunawan, Dedi Septiadi. 2014. Analisis Lingkungan Eksternal dan Internal dalam Menyusun Strategi Perusahaan (Studi Perencanaan Strategi Komoditi Kelapa Sawit pada PT Perkebunan Nusantara III (Persero)). Malang
  21. Rusly, Cindy Octavia. 2013. Pengelolaan dan Pengembangan Usaha Pada PT Sariadi Wahana Jasa di Surabaya. Surabaya
  22. Yudiaris, I Gde. 2015. Analisis Lingkungan Internal dan Eksternal dalam menghadapi Persaingan Bisnis pada CV Puri Lautan Mutiara.
  23. Setiawan, Sakina Rakhma Diah. 2018. “BI: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 5,1 Persen di Tahun 2017.” https://ekonomi.kompas.com/read/2018/02/02/173622526/bi-pertumbuhan-ekonomi-indonesia-51-persen-di-tahun-2017 diakses 4 maret 2018