Kinerja Modul Latih Sistem Kendali Kecepatan Motor Induksi Berbasis PLC HMI SCADA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Angga Sulthoni
Muhammad Faqihuddin
Ni Cening Nicky Prasada Gayatri
Anicetus Damar Aji
Kusnadi .

Abstract

Sistem kendali motor induksi adalah sebuah sistem pada komponen kontrol yang dapat mengendalikan kecepatan motor dengan stabil secara otomatis sehingga meningkatkan efisiensi waktu, tenaga dan biaya. Sistem ini menggunakan Programmable Logic Controllers (PLC) yang telah diprogram melalui software EcoStruxure Machine Expert Basic dengan bahasa pemrograman ladder diagram untuk membuat operasi, komparasi dan fungsi Proportional Integral Derivatives (PID). Sistem kendali ini juga menggunakan perangkat tambahan yaitu Variable Speed Drives (VSD). Voltage injector sebagai simulator memberikan sinyal feedback terhadap PID sehingga karakteristik output dari sistem kendali ini akan selalu mengejar nilai set point yang diberikan. Penggunaan HMI dan SCADA perlu diintegrasikan dengan PLC sehingga proses kerja keseluruhan sistem ini dapat dimonitoring. Hal ini dapat dibuktikan dengan serangkaian pengujian yang telah dilakukan yaitu pengujian kerja sistem keseluruhan dan pengujian kesesuaian nilai aktual. Pada pengujian kerja sistem keseluruhan, setiap perangkat yang digunakan sudah terintegrasi. Pada pengujian kesesuaian nilai aktual tegangan dan arus memiliki rata-rata error masing-masing sebesar 3.17% dan 1.88%.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Sulthoni, A. ., Faqihuddin, M. ., Gayatri, N. C. N. P. ., Aji, A. D. ., & ., K. (2022). Kinerja Modul Latih Sistem Kendali Kecepatan Motor Induksi Berbasis PLC HMI SCADA. Electrices, 4(2), 36–42. https://doi.org/10.32722/ees.v4i2.4671

References

  1. S. Sadi, “Jurnal Teknik Industri, Vol. 14, No. 2, Desember 2012, 137,” vol. 14, no. 2, 2012.
  2. A. P. Kaldate, “PLC Based PID Speed Control System,” IOSR J. Eng., vol. 4, no. 3, pp. 55–60, 2014, doi: 10.9790/3021-04365560.
  3. T. Mahendra, M. F. Daffa, W. Primaandika, M. Dwiyaniti, and S. Nasution, “Aplikasi scada pada sistem pengendalian dan pemantauan kecepatan motor,” Pros. Semin. Nas. Tek. Elektro, vol. 6, pp. 194–198, 2021.
  4. E. S. Nasution and A. Hasibuan, “Pengaturan Kecepatan Motor Induksi 3 Phasa Dengan Merubah Frekuensi Menggunakan Inverter ALTIVAR 12P,” Sist. Inf. ISSN, vol. 2, no. 1, pp. 25–34, 2018.
  5. E. H. Wiguna and A. Subari, “Rancang Bangun Sistem Monitoring Ketinggian Air Dan Kelembaban Tanah Pada Penyiram Tanaman Otomatis Dengan Hmi (Human Machine Interface) Berbasis Raspberry Pi Menggunakan Software Node-Red,” Gema Teknol., vol. 19, no. 3, p. 1, 2017, doi: 10.14710/gt.v19i3.21878.
  6. N. C.P, A. Supriyanto, and Y. M. Maulan, “Rancang Bangun Sistem Informasi Monitoring Dan Evaluasi Pembangunan Sarana Dan Prasarana Pada Dinas Perhubungan Kota Surabaya,” Jsika, vol. 5, no. 7, pp. 1–5, 2016, [Online]. Available: https://media.neliti.com/media/publications/252001-rancang-bangun-sistem-informasi-monitori-8bf2272f.pdf.
  7. A. Septian, “Penerapan Trainer Human Machine Interface (HMI) Berbasis CX-Designer Sebagai Media Pembelajaran Programmable Logic Controller (PLC),” vol. 3, no. 4, pp. 2622–4615, 2018, [Online]. Available: http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/informatika.
  8. N. Demus, D. Pangestu, R. Nurfauzi, D. Libertin, A. I. Hrp, and D. M. Dwiyaniti, “IMPLEMENTASI SCADA MITSUBISHI PADA SISTEM HVAC DI PT SINARMAS ARGO RESOURCES TECHNOLOGY,” 2019.
  9. S. D. Chandra, H. Kusuma, and Suwito, “Desain Dan Implementasi Protokol Modbus Untuk Sistem Antrian Terintegrasi Pada Pelayanan Surat Izin Mengemudi (Sim) Di Kepolisian Resort,” 2016.
  10. A. Bagas Buditama, “Monitoring Over Themperature Transformator Berbasis Arduino Mega 2560 Menggunakan Hmi (Human Machine Interface),” pp. 9–57, 2019.