Rancang Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya dengan Reflektor Alumunium dan Cermin berbasis LabVIEW

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Qotrun Nadandi
Bhadrika Dhairyatma Wasistha
Nani *
Isdawimah *
Nuha Nadhiroh

Abstract

Seiring perkembangan teknologi, pemanfaatan energi surya sebagai pembangkit listrik dianggap kurang efisien. Dampak dari efisiensi yang rendah berpengaruh pada daya keluaran listik yang dihasilkan oleh PLTS, oleh karena itu diperlukan upaya peningkatan efisiensi terhadap modul surya. Salah satu metode peningkatan efisiensi yang dapat dilakukan adalah penambahan reflektor surya pada PLTS, dimana reflektor surya berfungsi sebagai pemantul cahaya matahari dan memungkinkan modul surya menerima intensitas cahaya yang lebih optimal, sehingga dihasilkan daya keluaran modul surya yang lebih besar. Berdasarkan hal tersebut, pada skripsi ini dibuat suatu ptototype PLTS dengan reflektor alumunium dan cermin yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan reflektor alumunium dan cermin terhadap peningkatan efisiensi PLTS. Rancang bangun PLTS yang dibuat terdiri dari beberapa komponen utama yaitu modul surya 50WP, reflektor alumunium dan cermin, Solar Charge Controller (SCC), baterai, Circuit Breaker (CB), dan lampu DC. PLTS juga dilengkapi dengan sistem monitoring berbasis LabVIEW dengan beberapa komponen monitoring yang digunakan pada sistem diantaranya yaitu Arduino Mega 2560, sensor arus dan tegangan INA219, sensor suhu DHT22 dan sensor intensitas cahaya MAX44009.

 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Nadandi, Q., Wasistha, B. D., *, N., *, I., & Nadhiroh, N. (2021). Rancang Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya dengan Reflektor Alumunium dan Cermin berbasis LabVIEW. Electrices, 3(2), 60–66. https://doi.org/10.32722/ees.v3i2.4073

References

  1. M. E. dan S. D. M. R. I. ESDM, “Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 50 Tahun 2017 tentang Pemanfaatan Sumber Energi Terbarukan untuk Penyedia Tenaga Listrik.” Jakarta, 2017.
  2. M. E. dan S. D. M. R. I. ESDM, “Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 49 Tahun 2018 tentang Penggunaan Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya Atap oleh Konsumen PT Perusahaan Listrik Negara (Persero).” Jakarta, 2018.
  3. A. U. Azmy and M. A. Riyadi, “Sistem Tracking Panel Surya Untuk Pengoptimalan Daya Menggunakan Metode Kontrol Self-Tuning Pid Dengan Jst Jenis Perceptron,” vol. 17, no. 1, pp. 35–41, 2015.
  4. S. Sidopekso and E. Febtiwiyanti, “Studi Peningkatan Output Modul Surya Dengan Menggunakan Reflektor,” vol. 12, no. 3, pp. 101–104, 2010.
  5. M. Yusoff et al., “Indoor Test Performance of PV Panel through Water Cooling Method,” Energy Procedia, vol. 79, pp. 604–611, Nov. 2015.
  6. D. Dipasquale, P. Brunello, A. Zarella, M. Pertile, and S. Debei, “Numerical characterization of a solar simulator,” in 37th UIT Heat Transfer Conference, 2019.
  7. A. C. Utama, “Analisa Perbandingan Daya Output PLTS Menggunakan Pantulan Cahaya Kaca Cermin dan Cahaya Matahari Langsung,” Universitas Muhamadiyah Sumatera Utara, 2019.
  8. J. Choi, J. Kim, and C. Rim, Incidence solar power analysis of PV panels with curved reflectors. 2017.
  9. T. S. T. Sahar, N. Kasan, and L. Syafaah, “Optimalisasi Daya Panel Surya Menggunakan Reflektor Cekung dan Cooling System Sebagai Pengatur Suhu Panel Surya Terhadap Radiasi Matahari,” vol. 1, no. 1, pp. 68–78, 2019.
  10. M. E. Pratama, “Uji Kinerja Panel Surya Silikon Tipe Polikristal Dengan Variasi Lebar Reflektor Ganda Yang Terbuat Dari Alumunium Foil,” Universitas Sriwijaya, 2020.