Kinerja Pemantauan Proses Mesin Sortir Bungkus Permen Melalui Scada - Image Processing

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Madeleine Madeleine
Imam Halimi
Septina Indrayani

Abstract

Pada perkembangan proses produksi di era revolusi industri 4.0 ini, kecepatan, ketepatan, konsistensi, dan ketelitian sangat dibutuhkan.  Oleh karena itu dibutuhkan sebuah sistem yang dapat mengawasi, mengontrol, dan mengakuisisi data-data yang dibutuhkan dari suatu proses produksi, sistem ini disebut SCADA. Pada artikel ini, dibuat pemrograman SCADA dengan software Vijeo Citect untuk memantau dan mengontrol mesin sortir bungkus permen berbasis image processing. Mesin sortir berbasis image processing ini berfungsi untuk menyortir benda kerja sesuai dengan warna dan bentuk. Alat ini dilengkapi dengan modul ESP 32 Cam untuk membaca benda kerja biru dan hijau. selain itu, mesin ini juga dilengkapi solenoid ejector sebagai pendorong benda kerja dari penampungan ke tempat penyimpanan hasil sortir. Pengujian untuk mengetahui pengaruh input dan output proses dan kinerja serta fungsi SCADA sebagai sebuah sistem pemntauan dan pengendali proses mesin sortir telah dilakukan. Hasilnya SCADA dapat berfungsi dengan baik untuk memantau dan mengontrol proses mesin sortir permen. Hal ini dibuktikan dengan terhubungnya semua peralatan SCADA, PLC outseal, dan hardware mesin sortir.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Madeleine, M., Halimi, I. ., & Indrayani, S. . (2020). Kinerja Pemantauan Proses Mesin Sortir Bungkus Permen Melalui Scada - Image Processing . Electrices, 2(2), 71–77. https://doi.org/10.32722/ees.v2i2.3190

References

  1. M. Dwiyaniti, “Dasar-dasar Pemrograman SCADA dengan Software Vijeo Citect,”Depok Politeknik Negeri Jakarta, 2019.
  2. Bailey, D., & Wright, E. 2003. Practical SCADA for industry. Elsevier
  3. M. Eriyadi and I. F. Fauzian, “Desain Prototipe Mesin Sortir Barang Otomatis,” JTERA (Jurnal Teknol. Rekayasa), vol. 4,no. 2, p. 147, 2019.
  4. Arijaya, I. M. N. 2019. Rancang Bangun Alat Konveyor Untuk Sistem Soltir Barang Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno. Jurnal RESISTOR (Rekayasa Sistem Komputer), 2(2), 126-135
  5. P. Pujono, I. M. Prasetia, and A. F. Santoso,“Rancang Bangun Mesin Sortir Ikan Berdasarkan Berat Dengan Mekanisme Pergerakan Konveyor,” Bangun Rekaprima Maj. Ilm. Pengemb. Rekayasa, Sos. dan Hum., vol. 5, no. 2, Oktober, pp. 9–18, 2019.
  6. Z. Zulfikar, I. Mawardi, and M. Mawardi, “Pembuatan Mesin Sortir Biji Kopi Menggunakan Mekanisme Getar Dengan Daya 1 HP,” J. Mesin Sains Terap., vol. 3, no. 1, pp. 28–30, 2019.
  7. Irawan, Diyan, and Djoko Wahyudi. "Perancangan dan Pembuatan Alat Penyortir Barang Otomatis Berdasarkan Warna Berbasis Arduino Uno." Energy-Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik 3.2. 2013.
  8. E. Ramadhan, “Perancangan dan Implementasi Mesin Sortir Biji Kopi Otomatis Menggunakan Fuzzy LogicController.” Universitas Multimedia Nusantara, 2020.
  9. P. Pujono, A. Setiawan, and D. Prabowo,“Rancang Bangun Mekanisme Pergerakan Conveyor Pada Mesin Sortir Sampah Kaleng Dan Botol Plastik,” Bangun Rekaprima Maj. Ilm. Pengemb. Rekayasa, Sos. dan Hum., vol. 6, no. 2, Oktober, pp. 1–13, 2020.
  10. Y. N. Dian, “Perancangan Mesin Centrifugal Untuk Optimalisasi Tenaga Sortir Sampah Plastik,” J. Appl. Mech. Eng. Renew. Energy, vol. 1, no. 1, pp. 1–5, 2020.