PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN DAN MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN PEMINAT LAYANAN PENDIDIKA

Authors

  • Rudy Haryanto Politeknik Negeri Jakarta, Kampus Baru UI Depok 16425
  • Sylvia Rozza Politeknik Negeri Jakarta, Kampus Baru UI Depok 16425

DOI:

https://doi.org/10.32722/eb.v11i1.99

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif atas strategi pemasaran dan manajemen hubungan masyarakat Politeknik Negeri Jakarta (PNJ). Objek Penelitian adalah unit hubungan masyarakat (Humas) PNJ yang pada struktur organisasi langsung bertanggung jawab kepada Direktur PNJ. Kegiatan Humas setiap periode diringkas dalam matriks, baik tugas dan wewenang petugas Humas, kompetensi dan sasaran mutu terkait strategi pemasaran jasa pendidikan, baik internal maupun eksternal. Agar fungsi dan peran Humas di perguruan tinggi menjadi efektif, disarankan untuk melakukan langkah pengembangan yang sistematis dan terpadu. Langkah ini disebut dengan ROPE, atau Research, the setting of Objection, Programming and Evaluation, baik dalam model dan cara penanganannya maupun program yang dikembangkan. Kebutuhan komunikasi organisasi, baik komunikasi internal maupun komunikasi eksternal diidentifikasi melalui suatu kajian (riset). Setelah melakukan analisis, langkah berikutnya adalah menyusun rencana strategis Humas yang meliputi visi, misi, tujuan dan sasaran Humas, kemudian dijabarkan dalam program kerja Humas. Kata Kunci: strategi, jasa pendidikan, hubungan masyaraka

Author Biographies

Rudy Haryanto, Politeknik Negeri Jakarta, Kampus Baru UI Depok 16425

Jurusan Akuntansi

Sylvia Rozza, Politeknik Negeri Jakarta, Kampus Baru UI Depok 16425

Jurusan Akuntansi

Published

18-03-2013