PENGARUH REPUTASI MERK DAN KEADILAN BAGI HASIL TERHADAP LOYALITAS NASABAH TABUNGAN MUDHARABAH BANK X SYARIAH KCP CILEDUG

Authors

  • Agus Kusumaramdhani Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Jakarta, Kampus Baru UI, Depok 16425
  • Fatimah Fatimah Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Jakarta, Kampus Baru UI, Depok 16425

DOI:

https://doi.org/10.32722/eb.v14i1.761

Abstract

Abstrak Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjelaskan pengaruh dari reputasi merk dan keadilan bagi hasil terhadap loyalitas nasabah tabungan Mudharabah dari bank X syariah KCP Ciledug. Jumlah responden yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 50 orang. Metode analisa yang digunakan adalah metoda regresi berganda dimana X1 merupakan variabel reputasi merk sedangkan X2 merupakan keadilan bagi hasil. Hasil penelitian menyatakan variabel reputasi merk tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan variabel loyalitas nasabah (R= 0,204;sig =0,078; p>0,05). Sedangkan variabel bagi hasil memiliki hubungan positif yang signifikan dengan loyalitas nasabah ( R=0,505; sig =0,000; p < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi keadilan bagi hasil , maka semakin tinggi juga tingkat loyalitas nasabah terhadap bank. Pada uji regresi didapat nilai sig = 0,000 (p< 0,05) yang berarti variabel keadilan bagi hasil memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah. Sedang nilai R2 = 0,255 menunjukkan bahwa 25,5 persen dari loyalitas nasabah dapat diprediksi oleh variabel keadilan bagi hasil. Kata kunci: reputasi merk, keadilan bagi hasil, loyalitas nasabah

Downloads

Published

09-02-2016