Analisis Strategi Pengembangan Usaha dengan Pendekatan BUSINESS MODEL CANVAS

Authors

  • Mellisa Magdalena Yudha Jurusan Administrasi Niaga – Politeknik Negeri Jakarta
  • Iis Mariam Jurusan Administrasi Niaga – Politeknik Negeri Jakarta
  • Erlyn Rosalina Jurusan Administrasi Niaga – Politeknik Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32722/eb.v22i1.5291

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model bisnis, merumuskan alternatif strategi, menentukan prioritas alternatif strategi, dan merancang model bisnis baru dengan pendekatan Business Model Canvas. Penelitian ini dilakukan pada Restoran Ayam Panggang X di Depok menggunakan metode penelitian model Eksploratoris Sekuensial, di mana penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif sebagai metode yang utama dan kuantitatif sebagai metode pelengkap. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara, observasi, dokumentasi, kuesioner, dan triangulasi. Metode yang digunakan adalah Business Model Canvas (BMC) untuk menggambarkan model bisnis saat ini, Analisis Strength, Weakness, Opportunity, Threat (SWOT) untuk merumuskan alternatif strategi, dan Matriks Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) untuk menentukan prioritas alternatif strategi. Berdasarkan hasil Analisis SWOT, terumuskan delapan alternatif strategi antara lain 1) Fokus dan kembangkan Value sebagai fnb tech, 2) Melakukan riset pada pasar digital secara berkesinambungan, 3) Melakukan evaluasi terhadap strategi pemasaran agar lebih terfokus, 4) Memperluas relasi bisnis, 5) Membuat promosi yang lebih menarik, 6) Menambah karyawan baru, 7) Meningkatkan alokasi biaya pemasaran, 8) Membuat peraturan yang lebih tegas bagi karyawan yang melanggar SOP. Berdasarkan hasil perhitungan Matriks QSPM strategi melakukan riset pada pasar digital secara berkesinambungan memiliki nilai tertinggi untuk diprioritaskan dengan niai 13,87.

Published

07-06-2023