Pengaruh Sosial Media, Electronic Word Of Mouth Dan Komunitas Terhadap Minat Menggunakan Produk Perbankan Syariah

Authors

  • Hilmy Mubarok Program Studi S1 Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam
  • Athalla Naufal Program Studi S1 Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam
  • Egi Perdana Putra Program Studi S1 Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam
  • Maya Panorama Program Studi S1 Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam

DOI:

https://doi.org/10.32722/eb.v21i2.5225

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variabel media sosial, elekctronic word of mouth, komunitas terhadap mahasiswa febi dalam menggunakan perbankan syariah.  Metode yang digunakan dalam menentukan sampel adalah accidental sampling. Sehingga terdapat 30 mahasiswa yang memenuhi kriteria dalam penelitian ini. Metode yang digunakan untuk mengetahui pengaruh antara variable bebas dan terkait ini adalah metode outer model dan inner model. Berdasarkan hasil yang kami dapatkan pada path koefisien diketahui bahwa variabel media sosial dan electronic word of mouth berpengaruh terhadap minat, sedangkan variable komunitas tidak berpengaruh terhadap variable minat. Adjusted R2 menunjukan bahwa penelitian ini memberikan kontribusi terhadap khalayak banyak orang agar penelitian ini bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Kata kunci : media sosial, e-wom, komunitas, minat

 

Published

02-12-2022