ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM PROSES PEMENUHAN KEBUTUHAN PANGAN MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL

Authors

  • Ainun Robi’ah Lailah Sa’adah Universitas Hang Tuah Surabaya, Administrasi Bisnis
  • Herman Universitas Hang Tuah Surabaya, Administrasi Bisnis
  • Febrina Hambalah Universitas Hang Tuah Surabaya, Administrasi Bisnis

DOI:

https://doi.org/10.32722/eb.v21i1.4573

Abstract

Pandemi Covid-19 membawa berbagai permasalahan baru yang dialami oleh konsumen, salah satunya adalah permasalahan dalam proses pemenuhan kebutuhan pangan. Kebutuhan pangan sebagai salah satu kebutuhan utama yang harus dipenuhi oleh konsumen mengakibatkan konsumen mencari solusi atas permasalahan dalam proses pemenuhan kebutuhan pangan. Perilaku  konsumen mengalami perubahan semenjak adanya pandemi Covid-19, konsumen meningkatkan penggunaan teknologi untuk mencari solusi atas permasalahan yang dialami. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji dan mendeskripsikan perubahan perilaku konsumen Amh modern market pada masa pandemi Covid-19 serta mengkaji dan mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan keputusan  pembelian  kebutuhan  pangan  menggunakan  Amh  modern  market  dapat  terjadi.  Metode  yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat  beberapa hal yang  mengakibatkan perilaku konsumen berubah, salah satunya adalah hadirnya pandemi Covid-19. Amh Modern Market sebagai salah satu online grocery yang menggunakan media sosial Instagram di Surabaya telah berhasil menarik konsumen untuk membeli kebutuhan pangan secara online.

Kata kunci  : Perilaku Konsumen, Keputusan Pembelian, Kebutuhan Pangan, Media Sosial

Published

02-06-2022