PENERAPAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PENJUALAN TIKET MASUK DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENJUALAN (Studi Kasus Pada PT. Jungleland Asia)

Authors

  • Krisna Sudjana
  • Ninda Rikanti

DOI:

https://doi.org/10.32722/eb.v21i1.4570

Abstract

Industri pariwisata di Indonesia saat ini sedang mengalami perkembangan yang pesat, salah satunya adalah Jungleland Adventure Theme Park yang dikelola oleh PT. Jungleland Asia di bawah manajemen PT. Graha Andrasentra Propertindo Tbk. Dalam menghadapi persaingan yang semakin kompetitive, mendorong perusahaan untuk terus meng-update inovasi dan produk andalan untuk meningkatkan kualitas pelayanan bagi konsumen.

Metode  penelitian  ini  adalah  deskriptif kualitatif  dengan  metode  penelitian  yang digunakan adalah penelitian observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan sistem pengendalian  internal  penjualan  tiket  masuk  sudah  disusun  oleh  manajemen  dengan  jelas, struktur  organisasi  dan tanggung jawab masing masing dijalankan  sesuai  dengan  ketetapan, prosedur penjualan yang tercatat sudah berjalan sesuai dengan penjualan dilapangan, namun pada tahun 2018 penjualan tiket masuk tidak mencapai target yang sudah ditentukan dari target sebesar Rp. 121.996.600.000 hanya tercapai Rp.107.729.732.136 maka disimpulkan pada tahun

2018 penjualan tiket masuk Jungleland Adventure Theme Park belum efektif .

 

Published

02-06-2022