Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen: Studi Pada Online Shop Shopee

Authors

  • Andhatu Achsa Jurusan Ekonomi/Program Studi S1 Manajemen, Universitas Tidar, Kota Magelang
  • Mey Sinta Etika Dewi Jurusan Ekonomi/Program Studi S1 Manajemen, Universitas Tidar, Kota Magelang

DOI:

https://doi.org/10.32722/eb.v20i1.4065

Abstract

Pada saat ini kebanyakan orang lebih memilih untuk berbelanja di situs online karena keamanan, kemudahan, kepercayaan, dan pengalaman berbelanja yang di tawarkan oleh situs online. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis faktor-faktor yang dapat mempengaruhi minat beli konsumen pada situs belanja online Shopee, faktor-faktor tersebut diantaranya yaitu faktor keamanan, faktor kemudahan, faktor kepercayaan, dan pengalaman berbelanja. Pada penelitian ini penulis memilih warga Desa semingkir yang berjumlah 3000 orang untuk dijadikan sebagai populasi atau objek yang akan diteliti. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling, dimana responden memiliki kemampuan yang sama dalam mengaplikasikan situs belanja online dijadikan sebagai kriteria, sehingga didapat jumlah sampel yang digunakan yaitu sebanyak 91 sampel. Dalam penelitian ini metode analisis yang digunakan yaitu melalui wawancara, observasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian yang didapat menunjukkan bahwa faktor keamanan dengan rata-rata bobot sebesar 94,8%, faktor kemudahan dengan rata-rata bobot 70,3%, faktor kepercayaan dengan rata-rata bobot sebesar 93%, dan pengalaman berbelanja dengan rata-rata bobot 59,3% dapat menarik minat beli konsumen di situs online shop Shopee.

 

Kata kunci  : Minat Beli Konsumen, Online Shop, Shopee

Published

30-06-2021