ANALISIS PENGARUH BRAND IMAGE DAN BRAND TRUST TERHADAP MINAT BELI PADA PRODUK AVOCADO MANTUL

Authors

  • Tri Agus Santoso STIE BIMA
  • Irma Mardian STIE BIMA

DOI:

https://doi.org/10.32722/eb.v19i1.2789

Keywords:

brand image, brand trust dan minat beli

Abstract

Persaingan bisnis kuliner semakin pesat baik dari aspek variasi menu  dan merek menjadi daya tarik pelanggan. Minat beli konsumen ditentukan oleh banyak aspek. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh brand image,dan brand trust terhadap minat beli konsumen pada produk Avocado Mantul. Penelitian dilakukan pada bulan Oktober 2019- Februari 2020. Populasi meliputi semua konsumen Avocado Mantul yang jumlahnya tidak terbatas sehingga penggambilan sampel dengan metode unknown population diperoleh sampel sejumlah 96 orang. Metode sampling menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dengan instrumen kuisioner yang menggunakan skala likert selanjutnya data tabulasi dianalisis menggunakan program SPSS Version 20. Analisis  meliputi analisis validitas dan reliabilitas instrument, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, determinasi, korelasi, uji F dan uji t. Pengujian menunjukkan, instrument penelitian valid dan reliable, data terdistribusi normal, tidak mengalami masalah asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan brand image berpengaruh signifikan terhadap minat beli, brand trust berpengaruh signifikan terhadap minat beli, brand image dan brand trust bersama-sama berpengaruh signifikan pada minat beli. Brand image dan brand trust mempengaruhi sebesar 37,1% terhadap minat beli produk avocado mantul.


 

Author Biography

Irma Mardian, STIE BIMA

Marketing

Downloads

Published

21-08-2020