ANALISA BIAYA PRODUKSI DALAM PENETAPAN HARGA POKOK PRODUK HANDSCRAFT PADA PT. X, JAKARTA

Authors

  • Hasanudin Hasanudin Universitas BSI
  • Lydia Salvina Helling Universitas BSI
  • Endang Wahyudi Universitas BSI

DOI:

https://doi.org/10.32722/eb.v17i2.2746

Keywords:

Biaya, Analisa, Efisien

Abstract

Persaingan dalam dunia usaha menuntut perusahaan bersaing ketat dalam memasarkan produknya sehingga mendapatkan keuntungan yang semaksimal mungkin. Salah satu upaya perusahaan adalah  dengan menekan seminimal mungkin biaya-biaya produksi sehingga mendapatkan posisi harga jual yang lebih murah dibandingkan dengan pesaing.

Dalam penelitian ini, penulis tertarik meneliti upaya PT. X di Jakarta dalam menentukan harga pokok produksi di bidang handscraft yang memproduksi hair accessories seperti bando, jepit dan ikat rambut. Produk dari PT. X ini memiliki brand ternama yang sudah terkenal dan memiliki harga jual yang  kompetitif.

Analisa yang digunakan adalah analisa biaya produksi yang menggunakan selisih varian, sehingga ditemukan jawaban apakah komponen-komponen  biaya yang terjadi efisien atau tidak sehingga menjadi harga pokok produksi yang menentukan pula performa perusahaan. Hasil analisa ditemukan ada komponen biaya yang efisien dan ada juga yang tidak efisien. Biaya yang efisien menimbulkan keuntungan bagi perusahaan (favourable)  dan sebaliknya biaya yang tidak efisien menimbulkan kerugian bagi perusahaan (unfavorrable).

Published

30-12-2018