Kriteria Pemilihan Penggunaan Jasa Bank: Preferensi Nasabah Aktif Bank Syariah dan Bank Konvensional (Dual Banking Customer)

Authors

  • Enny Savitri

DOI:

https://doi.org/10.32722/eb.v17i2.1409

Keywords:

kriteria pemilihan bank, nasabah aktif, dual banking customer, analisis faktor

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kriteria pemilihan pengunaaan jasa bank dari responden nasabah penggunaan jasa bank syariah dan bank konvensional (dualbanking customer), memberikan rekomendasi implikasi manajerial khusususnya bagi bank syariah serta memberikan saran yang relevan untuk peningkatan pengguna jasa perbankan syariah. Metode Penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis faktor dan analisis mean. Analisis deskriptif digunakan untuk menjelaskan demografi responden sedangkan analisis faktor dan analisis mean digunakan untuk mendapatkan aspek yang dominan dinilai oleh nasabah dalam pemilihan penggunaan jasa bank. Hasil penelitian mendapatkan bahwa aspek yang dominan dalam penelitian ini terkait penilaian kriteria pemilihan bank dari nasabah aktif pengguna jasa bank syariah dan bank konvensional (dual banking customer) secara berurutan adalah persepsi reputasi, ketersediaan jaringan dan teknologi, kualitas layanan dan internal bank (karyawan). Implikasi manajerial yang dapat dilakukan oleh bank syariah adalah bank secara individualmaupun bersinergi dengan pihak lain dapat melakukan upaya peningkatan intensifitas program literasi keuangan syariah, penyediaan jaringan dan teknologi. Selain itu bank syariah juga harus memberikan pelatihan bagi SDM bank syariah terkait kualitas layanan dan keterampilan karyawan bank. Adapun saran yang diberikan adalah Pemerintah dapat mendorong bank syariah untuk memiliki beberapa fasilitas jaringan dan teknologi secara bersama seperti jaringan ATM, kartu E-Money dan mesin EDC bank syariah bersama

Published

28-06-2019