ANALISIS PENGARUH KENDARAAN ODOL TERHADAP TINGKAT KECELAKAAN DI JALAN TOL

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Enggar Oktarinda
Nuzul Barkah Prihutomo
Eka Olivia Maulani

Abstract

Semarang ABC toll road is an inner-city toll road of Semarang connecting the West, East, and South areas of Semarang City. The toll road is a crucial road for land transportation in Java and yet passed by many overloaded and over-dimension vehicles. Overloaded and over-dimension vehicles (ODOL) on toll roads is categorized as a traffic violation that harms various parties such as disrupting the smooth traffic flow due to low speeds and affecting toll road maintenance costs due to ODOL vehicle loads, and Accident rates involving overloaded vehicles. This study aims to examine the effect of ODOL vehicles on the Accident rate on toll road. The study used a regression test with SPSS software. The results of the study show there is an influence between ODOL vehicles and the level of traffic accidents on toll road by 32%. From the JM Digimap application, case studies of accidents involving ODOL vehicles on toll road can disrupt the smooth traffic flow and reduce the average passing speed by up to 12%.


Keywords: Accident Rates, Over-dimension, Overloading, Traffic Violation.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

  1. S. Bambang, “Privatisasi Jalan Tol Sebagai Solusi dalam Mempercepat Terwujudnya Infrastruktur Jalan Tol yang Memadai di Indonesia,” J. Economia, vol. 8, No. 1. hlm. 65 – 77, 2012.
  2. Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia, Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia No. 16/PRT/M/2014 Tentang Standar Pelayanan Minimal Jalan Tol. 2014.
  3. I. M. W. Darma, I. G. P. Kebayan, “Penerapan Sanksi Pidana Terhadap Pengendara Kendaraan Over Dimensi dan Overloading di UPPKB Cekik,” J. Kertha Semaya, vol. 9 No. 6, hlm. 1020-1031, 2021.
  4. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, SE 02/AJ.108/DRJD/2008. Tentang Panduan Batasan Maksimum Perhitungan JBI (Jumlah Berat yang diIzinkan) dan JBKI (Jumlah Berat Kombinasi yang diIzinkan) untuk Mobil Barang, Kendaraan Khusus, Kendaraan Penarik berikut Kereta Tempelan/Kereta Gandengan. 2008.
  5. Departemen Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, “Pd 15-2018-B Tentang Pengukuran Beban Kendaraan dengan Weigh-in Motion (WIM) Bridge.” 2019.
  6. Kepolisian Negara Republik Indonesia, “Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2013. Tentang Tata Cara Penanganan Kecelakaan Lalu Lintas.” 2013.
  7. D. Andi, dan A. Zainal, “Analisis Daerah Rawan Kecelakaan (Blackspot) di Jalan Tol Jagorawi,” Construction Material Journal, vol. 2 No. 1, hlm. 40–45, 2020.
  8. W. Gendoet, R. Fajar dan H. Arif, “Analisis Lalu Lintas Harian Rata – Rata (LHR) dalam Menghindari Kecelakaan,” Jurnal Manajemen Bisnis Transportasi dan Logistik (JMBTL), vol. 5 No. 3.
  9. W. Naswandi, D. Zulfikar,dan S. Ari, “Analisis Kecelakaan Lalu lintas pada Area Black Spot Ruas Jalan Lintas Sumatra Duri – Pekanbaru Kabupaten Bengkalis,” Jurnal Teknik, vol. 14 No. 1, Edisi April 2020, 2020.
  10. Sunjoyo. 2013. Ekonometrika terapan : Teori dan Aplikasi. Jakarta : Andi.
  11. G. Irwan, A. Siti, Alat Analisis Data untuk Penelitian Bidang Ekonomi dan Sosial. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta, 2015.
  12. S. Dewi, S. Yuana, dan S. Nur, Analisis Regresi dan Korelasi. Malang: CV. IRDH, 2019.
  13. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, SK. 736/AJ.108/DRJD/ 2017 Tentang Pedoman Teknis Penyelenggaraan Penimbangan Kendaraan Bermotor Di Jalan. 2017.
  14. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Surat Edaran SE Menteri Perhubungan No.21/2019 Tentang Pengawasan Terhadap Mobil Barang Atas Pelanggaran Muatan Lebih (Over Loading) Dan/Atau Pelanggaran Ukuran Lebih (Over Dimension). 2019.
  15. Pemerintah Republik Indonesia, PP Nomor 80 Tahun 2012 tentang Tata Cara Pemeriksaan Kendaraan Bermotor di Jalan dan Penindakan Pelanggaran Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. 2012.