Pendampingan Penulisan Media Internal di Pondok Pesantren Uzlifatil Jannah, Tangerang, Banten
DOI:
https://doi.org/10.32722/mapnj.v6i2.5970Kata Kunci:
Internal media, Islamic boarding school, news writing, ethics of communicationAbstrak
Pondok Pesantren Uzlifatil Jannah yang baru berdiri beberapa tahun ini membutuhkan sejumlah kegiatan yang dapat mendukung perkembangan dan kemajuan pondok pesantren. Salah satunya adalah meningkatkan brand awareness dan kepercayaan baik dari publik eksternal maupun publik internal. Kegiatan untuk mencapai tujuan tersebut adalah publikasi melalui media. Media yang saat ini digunakan oleh pondok pesantren adalah media sosial, seperti Instagram, Facebook dan YouTube. Media sosial ini bertujuan untuk menjangkau publik esksternal. Namun, Pondok Pesantren Uzlifatil Jannah belum memiliki strategi untuk merangkul publik internal untuk mendapatkan dukungan dan kepercayaan dari publik internal. Atas dasar itu, salah satu tujuan kegiatan pelatihan ini adalah meningkatkan ilmu dan kemampuan civitas Pondok Pesantren dalam mengelola media internal. Program Studi (Prodi) Penerbitan, Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan (TGP) bekerja sama dengan pondok pesantren ini untuk melakukan kegiatan pengabdian masyarakat. Serangkaian metode dilakukan mulai dari sharing pemahaman tentang pengelolaan media internal hingga praktikum wawancara dan penulisan berita. Hasilnya, peserta dari kalangan santri dan ustadz/dzah dari pesantren ini mendapatkan informasi baru guna mengembangkan media internal mereka.
Unduhan
Referensi
N. A. Sholihah, D. Hadi, and Z. Nasution, “Flipbook Online Majalah Komunikasi Universitas Negeri Malang (UM) Berbasis Website Sebagai Media Publikasi Internal dan Eksternal Kampus”.
Y. Yulista, “Pola Komunikasi Dalam Mempertahankan Eksistensi Budaya Pesantren di Pulau Bangka,” Sci. J. Has. Penelit., 2019, doi : 10.32923/sci.v4i1.1114.
A. Elvinaro, “Handbook of Public Relations (Pengantar Komprehensif),” Bdg. Simbiosa Rekatama Media, 2011.
S. M. Cutlip, A. H. Center, and G. M. Broom, “Effective public Relations, edisi kesembilan,” Jkt. Kencana Prenada Media Group, 2006.
M. A. Rumanti, “Dasar-dasar Public Relations Teori dan Praktik,” Jkt. PT Grasindo, 2002.
L. Satlita, “Reposisi Peran dan Fungsi Strategis Public Relations Dalam Organisasi,” J. Online Staff. Uny Ac IdReposisi Peran Dan Fungsi Strateg. Public Relatio Ns0 Pdf Diakses Tgl, vol. 17, 2014.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Cecep Gunawan, Zaenal Arifin, Mohammad Fauzy, Moh Zaenal Abidin Eko Putro (Author); Maida Turnip; Fitri Nur Ardiantika (Author)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.