Strategi Pengembangan Usaha Melalui Pendekatan Business Model Canvas (Studi Pada Usaha Rumahan Achiella Cake)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ratih Kurnia Hanifa
azwar azwar
nidia sofa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis rancangan strategi bisnis dengan pendekatan Business Model Canvas (BMC). Analisis SWOT digunakan untuk mendapatkan strategi alternatif yang sesuai agar dapat merancang transformasi Business Model Canvas yang baru untuk mengembangkan usaha. Unit analisis penelitian adalah Achiella Cake. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuisioner, wawancara, dan dokumentasi. Pengisian kuisioner dilakukan oleh pelanggan, pemilik usaha, dan karyawannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa usaha rumahan Achiella Cake sudah menerapkan Business Model Canvas dalam usahanya, namun ada beberapa blok bangunan yang perlu untuk diperbaiki dengan tujuan menyempurnakan Business Model Canvas yang diterapkan, yaitu dalam blok bangunan segmentasi pelanggan, nilai proposisi, saluran, hubungan pelanggan, arus pendapatan, aktivitas kunci, partner kunci, dan struktur biaya. Berdasarkan hasil analisis menggunakan analisis Matriks IFAS-EFAS dan diagram cartesius SWOT, diperoleh alternatif strategi yang paling mendukung dan dapat diterapkan untuk mengembangkan usaha rumahan Achiella Cake yaitu terdapat pada strategi SO (strengths-opportunities). Strategi SO ini adalah strategi di mana suatu usaha dapat memanfaatkan seluruh kekuatan untuk merebut dan memanfaatkan peluang sebesar-besarnya. Adapun alternatif strategi SO pada usaha Achiella Cake adalah (1) Mempertahankan kualitas dan keamanan produk, kemasan, serta variasi jenis produk yang sudah ada, (2) Menjaga hubungan yang baik dengan para konsumen lama maupun baru serta menjaga kepercayaan konsumen yang loyal, dan (3) Meningkatkan pemasaran di berbagai media yang tersedia

##plugins.themes.academic_pro.article.details##